DESAIN DAN IMPLEMENTASI KONTROL OTOMATIS KERAN DISPENSER MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC

Andi Fajri Romadhon

Informasi Dasar

115090077
629.89
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dispenser atau tempat air minum adalah salah satu peralatan elektronik yang didalamnya terdapat heater sebagai komponen utamanya, heater berfungsi untuk memanaskan air yang ada pada tabung penampung, dan pada umumnya heater memiliki daya sekitar 200-300 Watt. Dispenser menggunakan keran sebagai alat untuk menyalurkan air dari galon ke dalam gelas. Dispenser yang sudah ada dipasaran pada saat ini menggunakan tenaga manual untuk membuka keran agar dapat mengisi air kedalam gelas. Maka dari itu penulis bertujuan untuk membuat sistem otomatis dalam pembukaan dan penutupan keran pada dispenser.
Perbedaan yang terdapat pada dispenser yang akan dibuat dengan dispenser yang sudah ada adalah sistem buka tutup keran yang ada pada dispenser. Dispenser yang akan dibuat mempunyai push button untuk pilihan banyaknya air yang akan diisikan kedalam gelas. Pilihan volumeyang diisikan diantaranya ¼ gelas, ½ gelas, ¾ gelas dan 1 gelas penuh.Keran dibuka dan ditutup menggunakan motor servo. Sensor yang digunakan berupa sensor ultrasonik. Sensor ultrasonik digunakan untuk mendeteksi jarak antara keran dengan dasar gelas serta mendeteksi tinggi dan diameter gelas. Setelah diameter dan tinggi didapat maka akan didapatkan volume gelas.
Volumegelas yang didapat akan ditampilkan kedalam LCD(Liquid Crystal Display). Sistem Fuzzy Logic akan digunakan untuk mengontrol berapa derajat servo akan terbuka untuk mengisi air kedalam gelas sesuai dengan volume yang diinginkan. Mikrokontroller digunakan dalam pengaturan sistem buka tutup keran dengan fuzzy logic. Dari hasil penelitian dispenser dapat menampilkan volumegelas dengan LCD serta mampu mengisi air kedalam gelas sesuai dengan volumeyang diinginkan dengan akurasi untuk volume seperempat 62,3%, volume setengah 68,5%, volume tigaperempat 79,08% dan volume penuh 85,66%.
Dispenser,Sensor Ultrasonik, Fuzzy Logic, Motor Servo ,Volume

Subjek

Computer control
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI KONTROL OTOMATIS KERAN DISPENSER MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andi Fajri Romadhon
Perorangan
ERWIN SUSANTO; BUDI SETIADI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini