Monitoring Sinyal ECG,PPG,Suhu Tubuh dan Kondisi cairan infus berbasis Zigbee (pada Bagian Pengirim dan Multiplexing)

Adri Rausyan Fikar

Informasi Dasar

115090066
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Monitoring pasien merupakan hal yang penting untuk mengetahui kondisi dari pasien. Sehingga petugas atau doktor bisa mengetahui perkembangan kesehatan dari pasien. terbatasnya petugas merupakan kendala dalam proses monitoring. Selain kendala tersebut masih banyak lagi kendala – kendala dalam monitoring diantaranya, letak antara ruang petugas dengan ruang pasien, banyaknya pasien yang harus diawasi, dan kendala kendala lain yang dapat mengakibatkan proses monitoring tidak optimal. Oleh karena itu dibutuhkan alat yag bisa mengawasi kondisi – kondisi pasien dari jarak yang relatif jauh, sehingga petugas bisa mengawasi pasien tanpa harus datang ke ruang pasien.

Jantung merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh manusia.kondisi jantung haruslah dalam keadaan normal dilihat dari fungsi jantung yaitu mensirkulasikan darah ke seluruh tubuh. PPG dan EKG merupakan salah satu cara untuk melihat kondisi dari jantung. Sinyal PPG merupakan hasil fluktuasi dari darah atauu udara yang terkandung dalam darah. Sedangkan EKG merupakan sinyal fisiologis yang dihasilkan oleh aktivitas kerja otot-otot jantung. Selain PPG dan EKG, aspek lain yang akan diawasi adalah suhu tubuh, dan kondisi tetesan infus. Metode yang digunakan dalam mengambil sinyal EKG adalah menggunakan Triangle Enthoven dengan menggunakan tiga elektroda sebagai sensor yang akan mengubah sinyal kerja jantung ke bentuk sinyal elektrik, karena sinyal yang dihasilkan elektroda relatif kecil oleh karena itu dilakukan penguatan dan filtering supaya bisa diolah di mikrokontroller.hasil data yang sudah diolah akan dikirimkan melalui koneksi Zigbee.

Hasil dari perancangan hampir sudah sesuai dengan yang diharapkan, pada beberapa bagian masih ada yang belum sempurna, diantaranya dari perancangan filter hasil pengujian masih ada pergeseran frekuensi cut-off. Tetapi keluaran sinyal sudah sesuai dengan yang diharapkan, yaitu berada di range 0 – 5 volt sehingga bisa diolah oleh mikrokontroler. Akurasi hasil pembacaan sensor infus adalah sebesar 99,2%, kemudian 98,16 % untuk sensor suhu. EKG, PPG, Zigbee, infus, Suhu

Subjek

Signal processing - system analysis
 

Katalog

Monitoring Sinyal ECG,PPG,Suhu Tubuh dan Kondisi cairan infus berbasis Zigbee (pada Bagian Pengirim dan Multiplexing)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Adri Rausyan Fikar
Perorangan
Achmad Rizal; Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini