PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT CNC ROUTER UNTUK LASER ENGRAVING BERBASIS MIKROKONTROLER

BIMO PRAKOSO

Informasi Dasar

115090055
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi yang berkembang pesat saat ini telah memberi dampak di berbagai bidang. Di dalam dunia industri, penggunaan teknologi komputer ke dalam dunia industri berdampak pada penggunaan sistem otomasi, salah satunya mesin CNC (Computer Numerical Control). Penerapan dari sistem ini memberikan hasil produksi yang meningkat karena semua sistem dilakukan oleh perangkat yang telah diprogram melalui komputer.

Dalam tugas akhir ini dirancang alat CNC (Computer Numerical Control) yang berfungsi untuk laser engraving. Desain yang telah digambar melalui personal computer akan dikonversi dalam bentuk bahasa pemrograman numerical contol (G-Code). Selanjutnya mikrokontroler akan menerima masukan data digital dari personal computer melalui komunikasi serial. Mikrontroler akan membaca data yang telah ditransferkan oleh personal computer, data yang dibaca merupakan perintah saklar laser dan memberi logika pergerakan pada motor stepper.

Setelah dilakukan penelitian dan pengujian, dihasilkan perangkat yang mampu digunakan untuk keperluan laser engraving. Sistem yang dibuat memiliki kecepatan 19,25 mm/menit, ketelitian 0,32263 mm, dan error pergerseran 0,215mm. Dengan sistem yang telah dirancang, dapat membantu dalam pembuatan jalur PCB dengan bantuan menggunakan metode laser engraving.

Mikrokontroler, Computer Numerical Control, Laser Engraving, G-Code.

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT CNC ROUTER UNTUK LASER ENGRAVING BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BIMO PRAKOSO
Perorangan
ERWIN SUSANTO; JUNARTHO HALOMOAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini