RANCANG BANGUN GENERATOR SINYAL ELEKTROKARDIOGRAM BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN METODE TEMPLATE (DESIGN AND CONSTRUCTION GENERATOR OF ELECTROCARDIOGRAM SIGNAL BASED MICROCONTROLLER WITH TEMPLATE METHOD)

Arjuna Putra Hasudungan Siahaan

Informasi Dasar

115090054
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perangkat Elektrokardiogram (EKG) sebagai alat pendeteksi sinyal jantung merupakan alat yang mahal dan membutuhk an ruang yang besar untuk penempatannya. Setiap orang yang ingin mempelajari proses sinyal EKG dan mengolahnya akan sulit dilakukan. Suatu perangkat EKG juga bisa terganggu bentuk sinyalnya ketika tidak ditempatkan dalam tempat tertentu.

Untuk itu diperlu kan suatu perangkat pengolah sinyal EKG yang lebih praktis dan murah dalam menganalisis ataupun sekedar melihat perubahan sinyalnya. Pusat pengaturan parameter dan pembangkitan sinyal EKG ini dilakukan oleh mikrokontroler. Data dan bentuk sinyal EKG dipoto

ng

potong ke dalam bentuk template sehingga bisa menjadi bagian sinyal yang terpisah di mikrokontroler. Hasil template di mikrokontroler yang selanjutnya akan dikonversikan oleh DAC( Digital to Analog Converter) agar ditampilkan di LCD ataupun Osiloskop. Ke ypad sebagai alat untuk meng input bagian sinyal yang sudah di template sehingga bisa menjadi satu sinyal EKG utuh yang akan dibangkitkan.

Alat ini meng generate

12 bentuk sinyal dengan cara merekayasa nilai P

QRS

T sesuai

dengan karakteristik sinyal masing

masing. Bentuk sinyal EKG yang terlihat di osiloskop diharapkan sama ataupun bisa mewakili bentuk sinyal EKG yang sebenarnya dengan parameter amplitudo, heart rate, interval antara gelombang,serta durasi tiap sinyal. Perbandingan dilakukan dengan alat Patie nt Simulator PS400 dari Fluke Biomedical yaitu, simulator EKG yang cara kerjanya seperti alat ini, tetapi bentuk sinyalnya sudah sesuai kriteria . sinyal EKG, simulator, generator sinyal, mikrokontroler, Digital To Analog Converter , meto de template

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

RANCANG BANGUN GENERATOR SINYAL ELEKTROKARDIOGRAM BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN METODE TEMPLATE (DESIGN AND CONSTRUCTION GENERATOR OF ELECTROCARDIOGRAM SIGNAL BASED MICROCONTROLLER WITH TEMPLATE METHOD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arjuna Putra Hasudungan Siahaan
Perorangan
Achmad Rizal; Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini