Desain dan Implementasi Sistem Pemutar Antena Yagi 3G/HSDPA Otomatis Menggunakan Motor DC Berbasis Mikrokontroler

Muhammad Fahmy Akbar

Informasi Dasar

115090015
621.38 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dari masa ke masa, arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama di dunia internet semakin pesat dan tak terbendungkan. Kebutuhan akses data yang besar dan cepat mendorong lahirnya teknologi 3G dan HSDPA pada sisi komunikasi nirkabel yang membuat pengguna internet menjadi lebih lebih leluasa kapanpun dan dimanapun terhubung ke internet. Namun disisi lain teknologi ini juga masih memiliki kelemahan terutama bagi pengguna yang berada di perkotaan dengan banyak gedung bertingkat dan pengguna yang tidak tahu pasti dimana posisi/letak BTS (Base Transceiver Station), sehingga kualitas sinyal 3G dan HSDPA yang mereka terima tidak maksimal.

Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan dan implementasi sistem yang dapat mencari posisi sinyal 3G dan HSDPA secara otomatis dengan cara memutar antena yagi sebesar 1,8o per step sampai satu putaran penuh 200 step. Dalam setiap step dilakukan pengambilan data sinyal dalam bentuk RSSI (Received Signal Strength Indication) dan RSCP (Received Signal Code Power). Data yang diperoleh diambil nilai terbaik untuk diajadikan sebagai titik acuan arah kembalinya antena ke nilai sinyal terbaik tersebut. Sistem ini berbasis mikrokontroler yang digunakan untuk mengontrol arah perputaran motor dc stepper. Sedangkan nilai data RSSI dan RSCP didapat dari program Visual Basic 6.0 yang dikirimkan dari komputer ke mikrokontroler menggunakan komunikasi serial.

Setelah dilakukan perancangan dan pengujian, dihasilkan perangkat yang mampu mencari sinyal dengan kualitas lebih baik pada lokasi uji coba dengan peningkatan (gain) terendah sebesar 2 dBm dan yang tertinggi sebesar 12 dBm serta waktu rata-rata untuk satu kali proses sebesar 9 menit 54 detik. Dari hasil pengujian perangkat yang telah dirancang, perangkat mampu mencari sinyal dengan nilai yang optimal sesuai dengan yang diharapkan.

3G, HSDPA, antena yagi, sistem pemutar otomatis

Subjek

Signal processing - system analysis
 

Katalog

Desain dan Implementasi Sistem Pemutar Antena Yagi 3G/HSDPA Otomatis Menggunakan Motor DC Berbasis Mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Fahmy Akbar
Perorangan
Porman Pangaribuan; Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini