RANCANG BANGUN UNINTERRUPTIBLE POWER SUPPLY(UPS) UNTUK PERANGKAT SISTEM LAMPU LALU-LINTAS

AIDYNAL MUSTARI

Informasi Dasar

115081014
629.89
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan semakin besarnya penggunaan lisrik dikalangan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan menyebabkan beban (kebutuhan) energi listrik dari PLN semakin besar. Namun, peningkatan kebutuhan energi listrik tidak diimbangi dengan peningkatan kemampuan PLN untuk mengakomodir kebutuhan energi listrik tersebut. Hal ini tentunya berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu hal yang dapat memberikan dampak negatif bagi masyarakat adalah kondisi lampu lalu lintas padam atau tidak adanya suplai listrik yang mencukupi. Kondisi matinya lampu lalu llintas ini akan menimbulkan kemacetan bahkan dapat mengakibatkan kecelakaan. Salah satu alternatif solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan Uninteruptible Power Supply (UPS). UPS adalah perangkat yang mengggunakan baterai back-up sebagai catuan daya alternatif untuk memberikan suplai daya yang ada pada perangkat elektronik (lampu lalu lintas). Penggunaan UPS tidak hanya memberikan suplai listrik agar perangkat tetap berfungsi, tapi juga melindungi perangkat dari kerusakan.

UPS memilki beberapa bagian, yaitu rectifier, inverter, transfer switch, aki 12 V, dan trafo. Pada Proses pembuatannya diawali dengan menetukan spesifikasi alat yang akan dibuat, kemudian perancangan system dan rangkaian yang akan digunakan, selanjutnya pembelian komponen dan perancangan alat, pengujian alat, jika semua sudah sesuai spesifikasi, kemudian dilakukan analisis, dan selesai.

Pada tugas akhir ini, UPS yang telah dirangkai dan dilakukan pengujian menunjukkan performa yang baik, yaitu bisa mencatu 4 lampu 15 Watt selama 1 jam 6 menit dengan effisiensi UPS sebesar 74.57%. UPS memilki spesifikasi arus 0.4 A, tegangan 220 V, daya 90 Watt dan perbandingan lilitan sebesar 1:18. UPS, catuan, daya alternative, daya listrik, kemacetan

Subjek

Computer control
 

Katalog

RANCANG BANGUN UNINTERRUPTIBLE POWER SUPPLY(UPS) UNTUK PERANGKAT SISTEM LAMPU LALU-LINTAS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AIDYNAL MUSTARI
Perorangan
EKKI KURNIAWAN; TATA SUPRIYADI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini