Perancangan dan Implementasi Variable Power Supply DC menggunakan IC (Integrated Circuit) Switching Regulator

Ghidion Yoshiano

Informasi Dasar

115081013
621.381 537
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan akan catu daya DC sangat penting dalam dunia teknologi dan industri dalam masa sekarang ini. Berbagai peralatan elektronik membutuhkan catu daya DC dengan input yang berbeda-beda sesuai dengan spesifikasi dari peralatan tersebut. Begitu juga halnya dalam pengujian suatu peralatan elektronik, dimana dibutuhkan sumber daya DC dengan tingkat tegangan tertentu dalam memberi catuan daya pada rangkaian sesuai dengan kebutuhan daya rangkaian tersebut. Oleh sebab itu, catu daya DC dengan output tegangan yang dapat diatur (variable power supply) sangat dibutuhkan dalam keperluan dunia industri elektronik.

Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan dan implementasi sebuah variable power supply menggunakan IC (Integrated Circuit) monolitik LM2576T-adj switching regulator. IC monolitik switching regulator digunakan untuk mempermudah perancangan dan membuat perancangan menjadi lebih sederhana. Variabel power supply dirancang dengan sistem proteksi short circuit berupa rangkaian relay sebagai pengaman dengan indikator proteksi berupa buzzer dan led. Display tegangan dirancang menggunakan bantuan mikrokontroler dengan sensor tegangan dan arus berupa rangkaian resistor. Dimana besaran analog berupa tegangan akan dikonversi menjadi tampilan digital pada LCD.

Hasil pengujian dan analisis yang telah diperoleh menunjukkan bahwa tegangan output variabel power supply dihasilkan sebesar 1.23-33.75 Vdc. Tegangan ripple output yang dihasilkan adalah sebesar 120-200mV. Pengujian yang dilakukan pada beban resistif dan induktif yang berbeda-beda menunjukkan pencapaian efisiensi daya terbesar yang diperoleh sebesar 90.77% pada beban resistif 10?. Daya output maksimal yang diperoleh adalah sebesar 53 Watt pada beban resistif 5?.

variabel power supply, switching regulator, IC monolitik LM2576

Subjek

Switching - signalling - communication engineering
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Variable Power Supply DC menggunakan IC (Integrated Circuit) Switching Regulator
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ghidion Yoshiano
Perorangan
M.Sarwoko; Ekki Kurniawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini