Perancangan dan Implementasi Alat Ukur Kuat Medan MAgnet Berbasis Mikrokontroller Berbasis ATMega 8535

Eka Suranta Tarigan

Informasi Dasar

115080131
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebagaimana yang sudah dikemukakan oleh WHO (World Health Organization) dan IDI (Ikatan Dokter Indonesia), Jaringan listrik tegangan tinggi seperti SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi),SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra TInggi),SUTUT (Saluran Udara Tegangan Ultra Tinggi) memancarkan medan magnet dan medan listrik yang berpotensi menimbulkan berbagai gangguan, antara lain terhadap sistem darah,sistem kardiovaskular,sistem saraf maupun sistem reproduksi. Berdasarkan baku mutu magnet dalam Peraturan Menteri Kese-hatan No. 261/ Menkes/SK/II/ 1998 tentang Radiasi Medan Magnet, menyatakan bahwa batas aman bagi kesehatan manusia untuk Medan Magnet = 5 x 10????mT pada pemaparan 24 jam. Dengan adanya alat ukur kuat medan magnet dapat membantu masyarakat untuk mengetahui jarak aman apabila mereka tinggal di daerah SUTET.

Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir ini adalah merancang dan mengimplementasikan alat ukur kuat medan magnet dengan memanfaatkan lilitan selonoida untuk menangkap medan magnet.

. Hasil perancangan akan diimplementasikan dengan mikrokontroller ATMega 8535 untuk mengolah hasil data pengukuran berupa tegangan yang dihasilkan oleh lilitan solenoid dan dikondisikan sehingga dapat diproses di mikrokontroller. Kemudian hasil pemrosesannya akan ditampilkan ke LCD (Liquid Crystal Display) berupa angka numerik dengan satuan Tesla.

Alat ukur kuat medan magnet yang telah dirancang dan diimplementasikan pada tugas akhir ini dapat mengukur kuat medan magnet sebesar 0.0451 sampai 13.2971 mTesla pada jaringan transmisi listrik seperti JTM dan SUTT. Dengan tingkat keakurasian rata rata ?? 4.084073 % dan rata-rata tingkat kepresisian 98,47%.Data hasil pengukuran sinyal medan magnet yang akan diolah dimikrokontroller dan ditampilkan di LCD berupa besaran nilai Tesla. Alat Ukur Kuat Medan Magnet

Subjek

MIKROKONTROLLER
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Alat Ukur Kuat Medan MAgnet Berbasis Mikrokontroller Berbasis ATMega 8535
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Eka Suranta Tarigan
Perorangan
Porman Pangaribuan; Ekki Kurniawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini