DESAIN DAN IMPLEMENTASI ALAT PRESENSI SIDIK JARI NIRKABEL ( WIRELESS )BERBASIS MIKROKONTROLER

Panangian Sinaga

Informasi Dasar

115080112
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan ilmu dan teknologi di zaman ini sangatlah pesat. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin maju, manusia menginginkan sistem yang cepat,aman,dan efisien. Perkembangan teknologi akhirnya telah mencapai ke suatu te knologi jaringan. Dengan teknologi jaringan ini, beberapa pengguna dapat menggunakan suatu informasi secara bersamaan. Sisi lain dari keunggulan sistem jaringan dipandang dari segi jarak. Selama komputer kita terhubung dengan pusat jaringan, kita dapat men gakses semua data yang ada di pusat dari tempat di mana kita berada. Namum saat ini sistem jaringan yang ada kebanyakan

masih menggunakan jalur transmisi kabel yang memiliki instalasi yang cukup rumit dan berbelit

belit. Pada akhirnya manusia akan lebih me milih sistem jaringan yang menggunakan media transmisi tanpa kabel ( nirkabel ). Salah satu teknologi wireless yang sudah ada saat ini adalah ZigB ee.

Dalam tugas akhir ini akan membahas tentang presensi sidik jari nirkabel ( wireless ) berbasis mikrokont roler. Metode wireless y ang digunakan adalah metode ZigB ee. Data pertama kali akan dibaca oleh modul sidik jari. Kemudian data yang diperoleh dari hasil pembacaan oleh modul sidik jari akan diolah oleh mikrokontroler untuk kemudian ditransmisikan melalui m edia wireless ke komputer database . Proses pentransmisian data ini yang menggunakan metode ZigB ee. Selanjutnya komputer akan melakukan pengecekan dan perbandingan data yang diterima dengan yang sudah tersimpan sebelumnya untuk kemudian dikirimkan kembali k e mikrokontroler sebagai proses akhir bahwa datanya benar ( menggunakan sistem komunikasi half duplex ). Di mikrokontroler akan dipasang LCD sebagai penampil bahwa data tersebut ada atau tidak dalam komputer database.

Dari hasil penelitian Tugas A khir ini, diperoleh data sistem presensi sidik jari user terekam dan tersimpan di database . Data yang tersimpan meliputi nama user, tanggal, dan jam log in . Jarak terjauh yang dapat dicapai oleh ZigBee berk omunikasi adalah sekitar 20m. Sistem ini secara keseluruhan dapat beroperasi dengan respon waktu sekitar 5 detik. Dapat disimpulkan bahwa alat yang dirancang sudah bekerja dengan baik dan sebagaimana mestinya.

sidik jari , mikrokontroler, ZigB ee

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI ALAT PRESENSI SIDIK JARI NIRKABEL ( WIRELESS )BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Panangian Sinaga
Perorangan
M. Sarwoko; Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini