ALAT TRACKING KELOPAK MATA PADA PENGENDARA MOBIL UNTUK SISTEM KEAMANAN MOBIL

Muhammad Aufar

Informasi Dasar

115080101
621.389 28
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Untuk mengurangi jumlah kecelakaan mobil, selain meningkatkan keamanan pada jalan raya, juga perlu diciptakan sistem keamanan pada mobil. Karena kecelakaan mobil dapat juga disebabkan sikap pandangan yang buruk pada pengendara. Sikap pandangan yang buruk ini berupa sikap karena rasa kantuk pada pengendara, karakteristik atau sifat pada pengendara, atau penyebabpenyebab lain. Pada penelitian ini penulis akan mengimplementasikan alat untuk mendeteksi sikap pandangan yang buruk pada pengendara mobil dalam bentuk mata yang terpejam selama selang waktu 6 detik.

Mikrokontroler menerima data digital dari kamera sehingga diperlukan mikrokontroler dengan RAM yang mampu menampung data gambar digital. Oleh karena itu, pada sistem ini digunakan mikrokontroler ARM Cortex-M3 yang merupakan mikroprosesor 32-bit yang memiliki SRAM yang cukup untuk pemrosesan sinyal gambar. Selanjutnya dilakukan preprocessing untuk mereduksi komputasi yang diperlukan untuk selanjutnya diaplikasikan metode fuzzygeometric. Metode fuzzy-geometric dipilih karena membutuhkan komputasi yang ringan untuk mendeteksi wajah dan mampu mengatasi ketidakpastian informasi dari fitur wajah. Selanjutnya dilakukan segmentasi citra wajah untuk mendapatkan gambar mata dari gambar wajah.

Setelah didapatkan titik tengah objek mata pada frame pertama, maka dilakukan prosedur tracking kelopak mata yang cepat dengan menggunakan persamaan correlation coefficient yang sudah dinormalisasi. Dari hasil pengujian yang dilakukan, deteksi mata pada frame pertama memiliki tingkat akurasi 70.83% dengan waktu deteksi sekitar 4 detik. Dan tracking kelopak mata dengan metode coefficient correlation dilakukan sekitar 12 frame per detik. Mikrokontroler, RAM, Preprocessing, Fuzzy-Geometric

Subjek

SECURITY SYSTEMS
 

Katalog

ALAT TRACKING KELOPAK MATA PADA PENGENDARA MOBIL UNTUK SISTEM KEAMANAN MOBIL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Aufar
Perorangan
Iwan Iwut,ST,MT; Sugondo Hadiyoso,ST,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini