IMPLEMENTASI REED-SOLOMON ENCODER DAN DECODER UNTUK TEKNOLOGI WIMAX MENGGUNAKAN FPGA

Dwi Jayanto Wibowo

Informasi Dasar

115080095
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada saat ini, teknologi informasi sangat berkembang dalam pengiriman data secara nirkabel. Teknologi demi teknologi hadir demi memenuhi kebutuhan akan akses data yang lebih cepat, handal dan berjangkauan luas. Teknologi Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) adalah teknologi akses nirkabel terbaru, dimana teknologi ini menawarkan kecepatan dan kemampuan untuk mengakses dengan jarak jangkau yang cukup jauh, yaitu bisa mencapai 100Mbps dalam kisaran jarak 10 km. Mampu menangani banyak fungsi seperti menawarkan internet berkecepatan tinggi, menyediakan layanan telepon, transformasi data, video streaming dan lain-lain pada perangkat yang mendukung standar broadband WiMAX IEEE 802.16.

Orthogonal Frequency-Division Multiplexing (OFDM) adalah metode akses yang digunakan atau diterapkan pada Wimax. OFDM telah menjadi skema modulasi yang lebih disukai karena efisiensi spektral dan lebih tahan terhadap berbagai gangguan. Meskipun komponen dan keseluruhan struktur yang berbeda, protokol OFDM secara fungsional serupa. Pada Tugas Akhir ini akan mengimplementasikan pengkodean Reed-Solomon Encoder dan Reed-Solomon Decoder untuk teknologi Wimax 802.16 menggunakan Field Programmable Gate Array (FPGA) dengan menggunakan bahasa VHSIC Hardware Description Language (VHDL) dan simulasi akan dilakukan menggunakan software Modelsim dan akan diverifikasi hasilnya dengan software MATLAB.

Hasil Tugas Akhir ini berupa desain yang diimplementasikan pada FPGA untuk merealisasikan sinyal yang sudah disimulasikan pada Modelsim dan membuktikan bahwa sinyal masukan Reed-Solomon Encoder pada transmitter akan sesuai dengan keluaran Reed-Solomon Decoder pada receiver. Dan hasil keluar dari masing-masing percobaan(simulasi dan implementasi) akan dibandingkan apakah hasil keluaran pada simulasi akan sama dengan hasil keluaran dari implementasi FPGA. Desain akan disintesis menggunakan FPGA ALTERA DEO-NANO keluarga Cyclone IV E (chipset EP4CE22F17C6). Wimax, FPGA, VHDL, Reed-Solomon Encoder, Reed-Solomon Decoder

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
 

Katalog

IMPLEMENTASI REED-SOLOMON ENCODER DAN DECODER UNTUK TEKNOLOGI WIMAX MENGGUNAKAN FPGA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dwi Jayanto Wibowo
Perorangan
DR. Rina Pudji Astuti; Denny Darlis, S.Si., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini