DESAIN DAN IMPLEMENTASI DRIVER LED TUBE LIGHT T8 SERIES DENGAN TEKNOLOGI SWITCHING REGULATOR

Muhammad Firdy Herawan

Informasi Dasar

115080094
621.32
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penyediaan akan energi listrik yang sesuai dengan kebutuhan perangkat elektronik dengan kemampuan yang semakin canggih akibat perkembangan teknologi, mengharuskan penyediaan energi listrik tersebut harus mempunyai kelebihan dalam hal konsumsi listrik yang lebih efesien dengan performasi yang lebih baik. Keterbatasan penyedia daya (power supply) dalam bentuk listrik dapat diatasi dengan membuat sebuah alat konverter (pengubah) suatu bentuk listrik menjadi bentuk listrik yang lain. Penyedia daya DC adalah sebuah alat yang dapat mengkonversi listrik arus bolak-balik (AC) menjadi listrik arus searah (DC). Pada pembuatan tugas akhir ini dirancang secara khusus sebuah penyedia daya yang menerima masukan arus bolak-balik dari PLN dan mengubahnya menjadi keluaran arus searah murni.

Dalam perancangan penyedia daya DC yang menggunakan teknologi pensaklaran ini dikhususkan untuk menjadi sebuah diver pada lampu LED tube light T8 series. Terdapat beberapa bagian utama pada driver ini antara lain: penyearah gelombang penuh, saklar daya MOSFET, pengendali PWM, power factor correction, dan DC Chopper topologi flyback transformer, serta referensi tegangan. Pulse Width Modulation (PWM) atau modulasi lebar pulsa digunakan untuk mengatur siklus hidup mati pada saklar daya MOSFET, sehingga akan didapatkan sinyal dengan frekuensi tinggi yang mengatur keluaran arus DC. IC UC3843XX sebagai IC PWM controller yang digunakan sebagai pengendali utama dalam pengaturan tegangan dan arus keluaran DC.

Dalam perancangan tugas akhir ini, telah dibuat sebuah penyedia daya DC atau driver dengan masukan listrik PLN dengan efesiensi 38.29% pada tegangan keluaran 38.5 Volt dan arus maksimum 0.5 Ampere. Dalam implementasinya, penyedia daya DC atau driver ini digunakan khusus untuk LED tube light T8 series, sebuah lampu LED yang berisi 288 LED SMD 3528 EPISTAR chip dengan daya listrik 20 watt, luminous flux 1900 lm dan panjang 1200 mm. penyedia daya DC, driver, PWM, regulator pensaklaran, LED tube light T8 series

Subjek

LIGHTING
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI DRIVER LED TUBE LIGHT T8 SERIES DENGAN TEKNOLOGI SWITCHING REGULATOR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Firdy Herawan
Perorangan
M. Sarwoko, Ir., M.Sc; Junartho Halomoan ,ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini