PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PENERANGAN JALAN UMUM UNTUK DAERAH PESISIR PANTAI MENGGUNAKAN TENAGA ANGIN

Soni Hakim

Informasi Dasar

115080068
621.042
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kehidupan manusia pada saat sekarang ini di dunia tergantung kepada listrik. Dengan tingginya pertumbuhan kebutuhan listrik mulailah diperkenalkan konsep energi terbarukan yang ramah lingkungan pada tahun 1970-an. Salah satunya adalah pembangkit listrik tenaga angin. Pembangkit Listrik Tenaga Angin mengkonversikan energi angin menjadi energi listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin.
Prinsip kerja dari generator DC adalah mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Generator ini menghasilkan tegangan DC mulai dari 1 volt sampai 6 volt yang timbul karena jika rotor diputar dalam pengaruh medan magnet, maka akan terjadi perpotongan medan magnet oleh lilitan kawat pada rotor. Hal ini akan menimbulkan tegangan induksi. Pada tugas akhir kali ini, generator akan digunakan sebagai sumber listrik charger baterai. Tegangan listrik yang dihasilkan oleh generator kurang lebih sebesar 1 volt sampai 6 volt akan digunakan untuk men-charge baterai battery dengan tegangan 12V yang sebelumnya telah dilewatkan pada regulator tegangan terlebih dahulu untuk mendapatkan tegangan yang stabil. Baterai 12V ini digunakan sebagai penyimpan energi sehingga lampu jalan bisa digunakan walaupun tidak ada angin. Energi yang telah disimpan di baterai ini kemudian akan digunakan untuk melakukan proses mencatu sistem dan menyalakan lampu jalan.
Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, didapatkan sebuah sistem charging dengan tegangan keluaran sebesar 13,8 volt yang stabil dapat melakukan proses charging ke baterai dengan metode DC Chopper tipe boostconverteryang kemudian digunakan untuk menyalakan lampu jalan dengan memanfaatkan energi angin. Total daya yang di konsumsi oleh sistem relatif kecil sehingga sistem ini cukup efisien.
penerangan jalan umum (PJU), boostconverter, generator DC, baterai

Subjek

ENERGY SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PENERANGAN JALAN UMUM UNTUK DAERAH PESISIR PANTAI MENGGUNAKAN TENAGA ANGIN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Soni Hakim
Perorangan
M. Sarwoko; Junartho
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini