Perancangan dan Implementasi Inverter Tiga Fasa Sebagai Penggerak Motor DC Brushless Pada Mobil Listrik

RItya Dimas Wicaksono

Informasi Dasar

115080063
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Motor DC brushless merupakan jenis motor yang banyak digunakan di bidang industri dibandingkan motor jenis lain. Motor DC brushless mempunyai banyak keunggulan dibandingkan motor DC konvensional. Keunggulan yang paling utama adalah penghilangan kontak mekanik sehingga segala keterbatasan dan percikan api yang timbul selama proses komutasi dapat dihindari. Keunikan dari motor DC brushless ialah karena membutuhkan input berupa listrik arus bolak-balik (AC), sehingga pada pengaplikasiannya membutuhkan sebuah konverter (pengubah) suatu bentuk listrik ke ke bentuk listrik lainnya. Inverter adalah suatu konverter yang dapat mengubah listrik arus searah (DC) ke bentuk arus bolak-balik (AC). Pada penelitian tugas akhir ini motor DC brushless yang digunakan ialah motor DC Brushless tiga fasa.

Pembuatan tugas akhir ini dikhususkan untuk merancang sebuah inverter tiga fasa yang berfungsi sebagai driver motor dc brushless tipe BL-2212/13 12 Volt pada prototype mobil listrik. Blok utama pada perancangan tugas akhir ini meliputi : blok sistem minimum, blok penguat, dan blok six step inverter. Blok six step inverter terdiri dari enam buah MOSFET tipe P dan tipe N yang dipicu oleh IC TC4469 dan dikendalikan oleh mikrokontroller ATMega16. Teknik switching yang digunakan untuk penyulutan MOSFET pada inverter adalah PWM (Pulse Width Modulated). Pembangkitan sinyal PWM ini dikontrol melalui mikrokontroler ATmega 16.

Dalam implementasi tugas akhir ini, telah dibuat suatu rangkaian inverter tiga fasa dengan pengujian terhadap keluaran six step inverter, pengujian dengan motor dc brushless 12V yang terhubung dengan roda pada prototype mobil listrik, dan pengujian perubahan frekuensi terhadap jumlah putaran motor. Berdasarkan hasil pengujian, pada keluaran inverter drop tegangan maksimal yang terjadi yaitu sekitar 1 Volt, pada keluaran drop tegangan yang terjadi yaitu sebesar 0,5 Volt pada titik fasa ke netral, dan 1 volt pada titik fasa ke fasa. Selain itu dari hasil pengujian juga dapat dilihat bahwa pengaturan nilai frekuensi berbanding lurus dengan kecepatan motor yang digunakan. Dapat disimpulkan rangkaian driver yang telah dibuat dapat bekerja dengan baik dan dapat memutar motor dc brushless 12 Volt yang terhubung dengan roda pada prototype mobil listrik. Kata Kunci : motor dc brushless tiga fasa, mikrokontroller ATmega 16, inverter 3 fasa, PWM.

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Inverter Tiga Fasa Sebagai Penggerak Motor DC Brushless Pada Mobil Listrik
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RItya Dimas Wicaksono
Perorangan
Ekki Kurniawan; Praktikto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini