Perancangan dan Implementasi Modul Bluetooth Untuk Programmable Logic Controller Berbasis Mikrokontroler STM32

SYAUQI FUTTAKI

Informasi Dasar

115080053
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Programmable Logic Controller (PLC) merupakan sebuah rangkaian elektronik yang dapat mengerjakan berbagai fungsi-fungsi kontrol pada level yang kompleks sebagai pengganti kumpulan-kumpulan relay mekanik yang digunakan dalam sistem kontrol. Input dari PLC akan membaca status yang diberikan dan kemudian digunakan dalam pengubahan status outputnya. Sedangkan bentuk dan jumlah pengubahan yang terjadi pada output PLC, tergantung pada program yang diberikan oleh user dalam bentuk diagram ladder.
Sistem monitoring PLC berbasis Mikrokontroler STM 32 akan menggunakan modul Bluetooth sebagai media komunikasinya. Hal ini dapat memudahkan user dalam memantau PLC karena dapat digunakan pada jarak tertentu dan tanpa menggunakan kabel. Sistem yang akan dirancang berbasis Mikrokontroler STM32F103RET6, menggunakan bahasa C sebagai bahasa pemrogramannya, menggunakan Visual Basic untuk perancangan interfacenya dan menggunakan modul Bluetooth sebagai media komunikasinya. Perangkat keras Bluetooth akan merubah sinyal frekuensi ke dalam tegangan TTL.
Sistem yang diimplementasikan dalam Tugas Akhir ini sudah dapat bekerja dengan baik. Bluetooth memiliki kemampuan kelas 2 dengan jangkauan efektif 14 meter dan dapat digunakan dalam range jangkauan 38-40 meter. Memiliki konsumsi arus listrik rendah sebesar 0,0064 Ampere. Dari hasil pengujian komunikasi Bluetooth ini memiliki delay 0,131 – 0,362 second. Dapat dikemas dalam chasis logam maupun ditempatkan pada daerah terpengaruh induksi listrik. Programmable Logic Controller, PLC, Bluetooth, Mikrokontroler

Subjek

MICROCONTROLLER
PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC),

Katalog

Perancangan dan Implementasi Modul Bluetooth Untuk Programmable Logic Controller Berbasis Mikrokontroler STM32
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYAUQI FUTTAKI
Perorangan
M. Ary Murti; Sony Sumaryo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini