DESAIN DAN IMPLEMENTASI KONVERTER BOOST PADA GENERATOR TERMOELEKTRIK MENGGUNAKAN IC REGULATOR MODEL PENSAKLARAN

ANNISSA GUMILAR ASHARY

Informasi Dasar

115080047
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Peningkatan kesadaran akan penghematan energi telah mendorong ilmu pengetahuan dalam mencari dan mengembangkan sumber energi terbarukan yang efisien dan ramah lingkungan seperti memanfaatkan tenaga surya, tenaga angin serta mikrohidro. Namun pembangkit listrik dengan sumber energi diatas memiliki beberapa keterbatasan dalam penggunaannya, karena bergantung pada cuaca dan lingkungan.

Termoelektrik adalah sebuah alat yang dapat menghasilkan energi listrik. Ketika terjadi perbedaan temperatur diantara dua buah material semi konduktor yang berbeda, elemen termoelektrik akan menghasilkan arus sehingga menghasilkan perbedaan tegangan. Namun permasalahan yang akan dihadapi dalam penggunaan termoelektrik adalah pembangkitan energi listrik yang rendah, sehingga jumlah daya dan efisiensi yang dihasilkan akan bernilai kecil. Maka akan diimplementasikan konverter boost menggunakan IC switching regulator dalam menaikkan tegangan.

Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa dengan 4 buah modul termoelektrik yang terdapat dalam generator termoelektrik dapat menghasilkan daya sebesar 0,0204 Watt dengan menggunakan sumber panas berupa api kompor gas dan penggunaan es batu sebagai pendingin tambahan. Sistem menghasilkan efisiensi sebesar 94,4% dengan beban resistor 1k5? Generator Termoelektrik, Modul termoelektrik, Konverter Boost, IC switching regulator

Subjek

MICROELECTRONICS
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI KONVERTER BOOST PADA GENERATOR TERMOELEKTRIK MENGGUNAKAN IC REGULATOR MODEL PENSAKLARAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISSA GUMILAR ASHARY
Perorangan
M. SARWOKO; DENNY DARLIS
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini