DESAIN DAN IMPLEMENTASI PENGENDALIAN LENGAN ROBOT DENGAN KEYBOARD PS/2 BERBASIS FPGA

AHMAD RIFQI

Informasi Dasar

115080046
629.892
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Robot adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, dengan teknologi ini pekerjaan manusia menjadi lebih efektif, praktis, dan efisien. sebagai contoh, penggunaan teknologi lengan robot pada bidang industri untuk memindahkan suatu barang dari satu titik koordinat ke titik koordinat yang lain. Pada bidang industri yang banyak mengandung unsur kimia berbahaya bagi manusia, lengan robot dapat digunakan untuk menggantikan peran manusia di dalam alur kerjanya. Sehingga manusia tidak perlu melakukan kontak langsung terhadap material berbahaya tersebut.

Dalam tugas akhir ini, dirancang interface keyboard PS/2 ke dalam FPGA yang digunakan untuk mengendalikan motor servo AX-12. Perancangan terletak pada desain pengen dali prototype lengan robot, yang di integrasikan antara keyboard PS/2, FPGA SPARTAN 3, dan motor servo AX-12. Data keyboard yang diperoleh akan di olah didalam FPGA yang nantinya akan disinkronisasikan dengan motor servo AX-12. Kegunaan keyboard secara keseluruhan sebagai pengendali gerak motor servo dengan FPGA sebagai pengolah datanya. Penggunaan FPGA sebagai pengolah data dikarenakan, FPGA memiliki kuantitas memori yang besar dan kecepatan proses data yang lebih cepat.

Sistem yang telah dirancang, mampu menerima data ASCII code jika keypad di tekan dengan format data serial 11 bit, yaitu : 1 bit start, 8 bit data, 1 bit parity, 1 bit stop. Dengan clock sebesar 10kHz atau 0.1ms. Data dari keyboard diolah dan di keluarkan sebagai data protocol motor servo AX-12 dengan format data serial 10 bit, yaitu : 1 bit start, 8 bit data, 1 bit stop, no parity. Pada sistem ini data serial dari FPGA dikirim dengan baudrate 9600bps atau dengan clock yang memiliki periode 0.1042ms. Data tersebut akan menjadi sebuat instruksi untuk menggerakkan motor servo AX-12. Sistem yang telah dirancang belum sampai pada tahap interfacing untuk menggerakan motor servo AX-12. fpga spartan-3, keyboard PS/2, lengan robot, motor servo ax-12, vhdl,

Subjek

ROBOTICS
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI PENGENDALIAN LENGAN ROBOT DENGAN KEYBOARD PS/2 BERBASIS FPGA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD RIFQI
Perorangan
M. SARWOKO Ir., M.Sc; DENNY DARLIS S.Si., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini