DESAIN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MODUL PRAKTIKUM KONTROL KECEPATAN MOTOR DC MELALUI JARINGAN

HARY PRATAMA

Informasi Dasar

115080043
004.65
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tujuan utama dari praktikum DSK adalah agar praktikan dapat memahami dan mengambil kesimpulan terhadap fenomena yang terjadi pada suatu sistem kontrol automasi jika diberikan kondisi tertentu. Sistem akuisisi data pada praktikum diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pelaksanaan praktikum, selain kelebihan-kelebihan lainnya di banding proses praktikum secara konvensional. Penerapan sistem akuisisi data menjadikan proses praktikum dikendalikan seluruhnya oleh PC. PC tidak hanya berfungsi mengambil data, tetapi juga sebagai kontrol plant untuk mengatur set point.

Dalam tugas akhir ini, dibuat pengembangan aplikasi data akuisisi untuk modul kecepatan motor DC yang telah ada sebelumnya dengan menggunakan Data logger yang terkoneksi secara jaringan melalui PC. Sehingga kegiatan praktikum dapat dimonitoring pada tempat yang berbeda. Data logger terhubung ke PC dan dibuat IP secara ethernet yang langsung connect pada jaringan lokal (LAN). Hasil pengolahan data kemudian ditampilkan pada PC dengan GUI (graph interface unit) Labview. Terdapat IC DAC untuk membuat rangkaian DAC (digital to analog converter) untuk membuat chanel I/O digital menjadi port analog output dengan tambahan mikrokontroller Atmega 8535 sebagai interfacing dengan input dari PC, sehingga tidak hanya berfungsi sebagai monitoring tampilan pada PC namun setpoint dapat dilakukan secara software.

Setpoint yang dapat diberikan oleh user berkisar 0-2 VDC. Selanjutnya data tersebut menjadi instruksi bagi kontroller agar dapat menjaga kestabilan sistem dengan atau tanpa beban sekalipun. Hasil tunning PID dengan metode trial and error didapatkan konstanta PID dengan nilai kp= 0,3, ki= 0,01, dan kd= 0,001. Dari hasil pengujian terbukti bahwa sistem kendali yang dirancang mampu menjaga kestabilan kecepatan motor sesuai dengan setpoint yang diinginkan oleh user. Lama waktu yang dibutuhkan program (labview) untuk dapat menggerakkan plant adalah 6,25 ms. Untuk delay jaringan membutuhkan waktu 96,666 ms antara client- server dengan packet loss 0%. ATmega8535, Jaringan Lokal , Labview, PC.

Subjek

COMMPUTER COMMUNICATION NETWORKS
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MODUL PRAKTIKUM KONTROL KECEPATAN MOTOR DC MELALUI JARINGAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARY PRATAMA
Perorangan
M. ARY MURTY; M.IQBAL
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini