ANALISIS DAN IMPLEMENTASI CONVERTER VGA TO COMPOSITE VIDEO DENGAN STANDAR VIDEO PAL

Ezra Rahmansyah

Informasi Dasar

115080041
006.22
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam dunia broadcasting, khususnya di dunia pertelevisian saat ini masih menggunakan sistem analog untuk sistem transmisi video dalam bentuk sinyal video composite. Di Institut Teknologi Telkom (ITT) sendiri, sudah didirikan sebuah TV Kampus yang menerapkan sistem yang sama. Namun dalam pengaplikasiannya ditemukan berbagai hambatan dan kekurangan, salah satunya adalah pengubahan sinyal video yang dilakukan dari sinyal video VGA yang ada di komputer menjadi sinyal video composite yang dibutuhkan sebuah modulator analog untuk dimodulasikan dan di transmisikan ke pengguna.
Dalam tugas akhir ini akan dibahas mengenai pembuatan converter yang bisa melakukan pengubahan sinyal video VGA (Video Graphic Adapter) kedalam sinyal video composite yang akan dianalisis sejauh mana tingkat ketelitian dan keefektifan dari perangkat ini. Dalam pembuatan converter ini dibutuhkan sebuah encoder yang bisa mengkodekan sinyal video VGA kedalam sinyal video composite sehingga nantinya sinyal video tersebut siap untuk di modulasikan oleh sebuah modulator. Dalam tugas akhir ini akan dirancang sebuah skematik rangkaian elektronika dan menganalisis rangkaian tersebut sehingga menghasilkan rangkaian elektronika yang cukup handal serta efektif untuk sebuah converter. Kemudian, dari skema rangkaian tersebut akan diimplementasikan sehingga nantinya converter sinyal video VGA ke sinyal video composite akan terealisasikan.
Dari pengujian yang dilakukan, perangkat belum berhasil melakukan pengubahan sinyal video VGA kedalam sinyal video composite. Hal ini dikarenakan nilai output perangkat yang masih berbeda dengan data acuan yang ada. Besar sinyal keluaran yang dihasilkan mendekati atau terlalu jauh berbeda dengan data acuan yaitu sebesar 1,415V dengan frekuensi 10MHz yang dibandingkan dengan data acuan sebesar 1,52V dengan frekuensi sebesar 10 MHz. Kegagalan ini disebabkan oleh kerusakan dari IC AD725AR yang dikarenakan kelebihan supply tegangan pk-pk (Vp-p) sebesar 15V yang seharusnya hanya sebesar 6V. VGA (Video Graphic Adapter), Composite, Converter, Encoder

Subjek

Embedded computer system
 

Katalog

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI CONVERTER VGA TO COMPOSITE VIDEO DENGAN STANDAR VIDEO PAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ezra Rahmansyah
Perorangan
Iswahyudi Hidayat; Tengku Ahmad Riza
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini