PERANCANGAN WIRELESS NETWORK CONTROL SYSTEM PADA KENDALI KECEPATAN MOTOR DENGAN METODE PID

Radix Satrio Ramadhan

Informasi Dasar

115080032
384.544 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan wireless network semakin meluas pada berbagai aplikasi. Contohnya pada automasi industri, automasi bangunan, automasi rumah dan kantor, dan sistem kompleks pada pesawat udara dan pesawat luar angkasa. Penggunaan media wireless untuk pengendalian suatu objek memiliki kelebihan dalam hal kepraktisan dan kemudahan perawatan. Namun di lain sisi juga memiliki kekurangan dalam hal keakuratan data dan terganggunya komunikasi data dikarenakan adanya noise pada sistem transmisi. Padahal keakuratan data merupakan sebuah aspek penting yang harus diperhatikan pada perancangan sistem kontrol. Oleh karena itu diperlukan perancangan sistem yang baik agar penggunaan jaringan wireless pada sistem kontrol tidak memberikan dampak yang dapat mengganggu kinerja dari sistem kontrol. Pada tugas akhir ini telah dirancang sebuah sistem pengontrolan kecepatan putar motor dengan media wireless yang berbasis Personal Computer (PC) sebagai pusat kendali dengan metode PID sebagai algoritma kontrol yang digunakan.

Penggunaan PC sebagai pusat kendali didasarkan atas kemudahan cara pengoperasiannya oleh user. Selain itu PC memiliki keunggulan dalam hal kecepatan dan keakuratan pengolahan data dibandingkan mikrokontroler ataupun FPGA. Dengan software simulink MATLAB dirancang sebuah sistem kendali kecepatan dengan media wireless dimana user dapat menentukan setpoint, mengamati respon sistem, dan melakukan tuning PID secara real time.

Setpoint yang dapat diberikan user berkisar antara 0 sampai 1820 rpm. Dengan tipe komunikasi serial UART data setpoint dikirimkan melalui media wireless menggunakan modul RF ZIG-100. Selanjutnya data tersebut menjadi instruksi bagi kontroler agar dapat menjaga kestabilan kecepatan motor pada setpoint yang diinginkan oleh user baik ketika motor beroperasi tanpa beban ataupun dengan adanya beban. Dari hasil tuning dengan metode trial and error didapatkan konstanta PID dengan nilai Kp = 0.5, Ki = 1, dan Kd = 0.01. Dari hasil pengujian terbukti bahwa sistem kendali yang dirancang mampu menjaga kestabilan kecepatan motor sesuai dengan setpoint yang diinginkan oleh user. Wireless Network Control System (WNCS), Kontrol, PID, MATLAB

Subjek

WIRELESS - COMMUNICATIONS NETWORKS
 

Katalog

PERANCANGAN WIRELESS NETWORK CONTROL SYSTEM PADA KENDALI KECEPATAN MOTOR DENGAN METODE PID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Radix Satrio Ramadhan
Perorangan
M. Ary Murti; Budi Setiadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini