PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DC TO DC CONVERTER DENGAN METODE SWITCHED CAPACITOR CIRCUIT

Zainul M. Pulungan

Informasi Dasar

115080021
621.313
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan kemajuan zaman dalam bidang elektronika, berbagai macam perangkat elektronika diciptakan dengan bermacam – macam model dan kegunaan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Dari berbagai ragam barang atau peralatan elektronik yang kita jumpai saat ini, akan kita dapati bahwa hampir semua bagiannya dijalankan oleh sumber tenaga satu arah (DC) seperti pengatur kecepatan motor DC, mobil listrik, Baterai charger, peralatan elektronika, regulator untuk beterai pada pembangkit, robot, dan industri kimia. Penyediaan sumber tenaga DC tersebut memiliki besar tegangan input yang berbeda-beda. Untuk mengubah besar tegangan input tersebut dapat memanfaatkan beberapa komponen seperti induktor yang dapat menyimpan muatan dalam bentuk medan magnet dan kapasitor yang dapat menyimpan muatan dalam bentuk medan listrik.

Dalam tugas akhir ini dirancang sebuah DC to DC Converter yang memiliki tegangan input 12 volt. Untuk menaikkan (stepup) atau menurunkan (stepdown) tegangan output digunakan 2 buah kapasitor menggunakan metode switching karena dapat mengubah susunan kapasitor dari seri ke pararel atau pararel ke seri dan dapat menghemat energi selama pemakaian. Mosfet digunakan sebagai saklar (switching) yang dikendalikan oleh NE555 sebagai astabil multivibrator dengan frekuensi switching 32,5 KHz.

Dari pengujian dan analisis yang telah dilakukan, tegangan output yang dihasilkan dari masing-masing perangkat adalah sebesar 6 V dan 24 volt. Hasil tersebut sesuai dengan penggunaan 2 buah kapasitor secara switching. Dengan menganalisis rangkaian tersebut, untuk menaikkan (stepup) atau menurunkan (stepdown) tegangan output DC Converter bergantung pada jumlah dan tegangan breakdown kapasitor. DC to DC Converter, Switched capasitor circuit, stepup, stepdown

Subjek

ELECTRIC ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DC TO DC CONVERTER DENGAN METODE SWITCHED CAPACITOR CIRCUIT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Zainul M. Pulungan
Perorangan
SARWOKO; Ekki Kurniawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini