PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PEMBANGKIT LISTRIK ARUS SEARAH DENGAN MENGGUNAKAN TERMOELEKTRIK

MUFRAD AZMADAHADID

Informasi Dasar

115080015
621.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini ketergantungan terhadap sumber energi listrik yang disediakan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara) sangat tinggi. Namun, dalam memberikan energi listrik, PLN sendiri masih menggunakan bahan bakar berupa minyak bumi, gas alam, batu bara dan lain-lain. Bahan-bahan bakar tersebut termasuk sumber energi yang mahal dan lama kelamaan akan habis. Oleh karena itu, pencarian energi alternatif lain sebagai pengganti energi listrik dari PLN harus mulai dilakukan. Dari sekian banyak energi alternatif, energi panas merupakan energi yang memiliki source yang melimpah sehingga cocok sebagai pengganti energi listrik dari PLN. Melihat potensi energi panas yang melimpah, teknologi termoelektrik merupakan salah satu sumber alternatif utama yang dapat dipakai untuk mengkonversi energi panas ke energi listrik (generator termoelektrik). Di samping relatif lebih ramah lingkungan, teknologi ini sangat tahan lama, dan juga mampu menghasilkan energi dalam skala besar maupun kecil.

Pada tugas akhir ini dirancang sebuah pembangkit listrik arus searah (DC) dengan menggunakan 4 buah modul termoelektrik yang disusun secara seri. Input panas berasal dari panas matahari, lilin dan lampu 100 watt. Tegangan keluaran pembangkit termoelektrik akan dinaikkan menggunakan flyback transformer dengan metode switching topologi flyback converter. MOSFET digunakan sebagai saklar yang dikendalikan oleh IC NE555 sebagai astable multivibrator pada frekuensi 15KHz.

Hasil pengujian dan analisis yang telah diperoleh menunjukan bahwa tegangan open circuit yang dihasilkan sebesar 0,409 volt untuk input panas matahari, 0,665 volt untuk input panas lilin dan 1,378 volt untuk input panas lampu 100 watt. Tegangan output hasil penguatan rangkaian flyback converter sebesar 9,05 volt untuk input panas matahari, 11,01 volt untuk input panas lilin dan 18,49 untuk input panas lampu 100watt. Daya maksimum yang dihasilkan sebesar 1,186 mW dengan efisiensi daya sebesar 31,7% pada input sumber panas lilin dengan beban resistor 100 k?. Termoelektrik, Topologi Flyback Converter, Flyback Transformer

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PEMBANGKIT LISTRIK ARUS SEARAH DENGAN MENGGUNAKAN TERMOELEKTRIK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUFRAD AZMADAHADID
Perorangan
M. Sarwoko; Ekki Kurniawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini