PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DETEKTOR HITAM DAN PUTIH PADA APLIKASI ROBOT LINE FOLLOWER MENGGUNAKAN TEKNIK MODULASI CAHAYA

Michael

Informasi Dasar

115080011
629.892
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu bagian utama penyusun sebuah sistem automasi adalah proses sense. Proses sense secara luas merupakan proses pembacaan atau pendeteksian kondisi objek utama sistem untuk dijadikan parameter pengambilan keputusan oleh prosesor atau kontroler untuk menggerakkan dan atau mengendalikan aktuator. Alat yang digunakan disebut dengan sensor atau detektor. Detektor merupakan bagian dari sensor yang dapat mendeteksi antara dua kondisi pada sebuah sistem.

Banyak jenis sensor dan detektor yang lazim digunakan dalam sistem automasi industri dan robotika. Salah satunya adalah detektor warna hitam dan putih. Seperti namanya, detektor warna hitam dan putih adalah perangkat yang digunakan untuk mendeteksi karakteristik warna hitam dan putih pada permukaan suatu benda. Banyak metode yang digunakan dalam perancangan detektor warna hitam dan putih. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu metode yang digunakan adalah perancangan detektor menggunakan sensor cahaya dan inframerah. Dengan menggunakan metode ini, pembacaan nilai detektor tidak sesuai apabila terdapat cahaya luar yang mengenainya. Untuk mengurangi pengaruh cahaya luar digunakan teknik modulasi cahaya dalam perancangan sensor.

Dalam tugas akhir ini telah dirancang detektor warna hitam dan putih menggunakan teknik modulasi cahaya. Pada penggunaanya detektor ini akan diaplikasikan pada robot line follower. Perfomansi sensor akan diuji coba dengan menggunakan robot line follower. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode ini hasil keluaran detektor ketika mendeteksi garis berwarna hitam pada permukaan benda berwarna putih tidak akan terganggu apabila diberikan pengaruh cahaya luar seperti cahaya halogen, cahaya lampu senter, maupun cahaya matahari.

Proses Sense, Detektor, Teknik Modulasi Cahaya.

Subjek

Robot vision - computer vision
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DETEKTOR HITAM DAN PUTIH PADA APLIKASI ROBOT LINE FOLLOWER MENGGUNAKAN TEKNIK MODULASI CAHAYA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Michael
Perorangan
M SARWOKO; JUNARTHO HALOMOAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini