DESAIN DAN IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC UNTUK SISTEM KENDALI TEMPERATUR PADA WATER COOLER BERBASIS MIKROKONTROLER

Juliarto Budy Prasetyaman

Informasi Dasar

115080008
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fuzzy logic controller merupakan metode kendali modern yang dianggap mudah digunakan karena tidak perlu mencari model matematis dari suatu sistem, tetapi tetap efektif karena memiliki respon sistem yang stabil, redundant atau fault tolerant yang artinya fuzzy logic controller masih dapat bekerja meskipun terdapat pengurangan beberapa rules, ataupun jika terjadi kesalahan-kesalahan kecil dalam pemrogramannya, tanpa adanya perubahan yang signifikan.

Sistem ini menggunakan modul termoelektrik sebagai pendinginnya dan dikontrol oleh mikrokontroller ATmega 32 dan digunakan fuzzy logic sebagai metode pengaturannya. Fuzzy logic yang dirancang ini memiliki dua input dan satu output. Masing-masing membership function input dan output memiliki tiga sampai lima dan menggunakan aturan metode sugeno yang terdiri dari fuzzy ifthen rule. Push button digunakan untuk input set point dan kemudian tegangan keluarannya diubah ke besaran digital oleh ADC mikrokontroller, dimana user memasukan data yang akan diolah berupa volume air dan kondisi air yang diinginkan.

Dari pengujian fuzzy secara trial and error pada sistem ini disimpulkan jika dinilai dari respon waktu desain fuzzy keempat merupakan desain paling baik dengan nilai error terkecil yaitu 2,83%. Dimana waktu proses pendinginan membutuhkan waktu 20 menit 34 detik. Sehingga dengan pengontrolan menggunakan fuzzy logic, efisiensi sistem pendingin ini yaitu sebesar 48,75 %. Sedangkan jika diamati dari segi kestabilan, fuzzy kelima memiliki kestabilan yang paling baik dengan error maksimal sebesar 1,43%. Sedangkan dalam penggunaan energi, sistem dengan menggunakan fuzzy ketiga lebih membutuhkan energi sekitar 10,88% lebih besar daripada pengontrolan biasa yang ada saat ini.

Termoelektrik, Fuzzy Logic, Metode Sugeno, Temperatur, PWM

Subjek

MIKROKONTROLLER
Fuzzy logic

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC UNTUK SISTEM KENDALI TEMPERATUR PADA WATER COOLER BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Juliarto Budy Prasetyaman
Perorangan
Porman Pangaribuan; Apip Badarudin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini