PERANCANGAN PENGATURAN PENGERING TANGAN BERBASIS FUZZY LOGIC MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER

DIYAN PRATIKTO

Informasi Dasar

115080007
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem kendali dibuat untuk bisa mengendalikan suatu sistem agar bekerja sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dalam kehidupan yang semakin modern ini, peralatan yang serba kendali otomatis seakan-akan sudah menjadi kebutuhan. Salah satunya adalah alat pengering tangan otomatis (Hand Dryer). Hand dryer ini tidak hanya dipasang pada toilet-toilet modern, namun juga dipasang pada rumah makan cepat saji.

Untuk itu diperlukan suatu pengontrolan kipas pemanas dari hand dryer ini yang memperhitungkan keadaan jarak tangan pengguna, sehingga kecepatan kipas dapat dikurangi secara otomatis untuk meningkatkan efisiensi serta penghematan energi. Sistem ini menggunakan mikrokontroler ATMega16 dengan mengimplementasikan metode Fuzzy Logic menggunakan sensor ultrasonic untuk mengendalikan alat pengering tangan. Sensor ultrasonic disini digunakan untuk mendeteksi jarak pergerakan tangan. Data dari sensor tersebut lalu dikirim ke mikrokontroler. Dengan menggunakan mikrokontroler ATMega16 ini input data dari sensor akan di proses untuk mengontrol blok rangkaian pengatur tegangan ke motor (kipas) dengan menggunakan trigger berupa pulsa PWM .

Dari hasil penelitian dan pengujian, sistem yang telah dibuat ini telah menunjukan penurunan dan peningkatan kecepatan kipas. sistem terlihat berusaha untuk menjaga kecepatan kipas yang sesuai dengan jarak tangan pengguna, semakin dekat tangan pengguna akan semakin cepat pula kecepatan kipas dan begitu juga sebaliknya. Secara umum dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan sistem ini peningkatan efisiensi energi telah tercapai dengan tingkat penghematan daya mencapai 25-35% dibandingkan dengan tanpa pengontrolan. Kata Kunci : Hand Dryer, Fuzzy Logic, ATMega16, Ultrasonic

Subjek

MIKROKONTROLLER
Fuzzy logic,

Katalog

PERANCANGAN PENGATURAN PENGERING TANGAN BERBASIS FUZZY LOGIC MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIYAN PRATIKTO
Perorangan
PORMAN PANGARIBUAN; BUDI SETIADI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini