DESAIN DAN IMPLEMENTASI DETEKTOR NADA MENGGUNAKAN TONE DECODER BERBASIS MIKROKONTROLER PADA MOBILE ROBOT

Ahadiyat Sasmita Mukti

Informasi Dasar

115070096
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dunia teknologi kini terus berkembang dengan pesat terutama dalam bidang teknologi robotika yang telah memasuki berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu perkembangan robotika dalam aspek kesenian yaitu adanya robot yang dapat menari seperti manusia. Dengan mengacu pada hal tersebut, muncul ide untuk mengimplementasikan pengontrol gerak mobile robot dengan menggunakan tone decoder yang berfungsi untuk mendeteksi komposisi frekuensi nada.
Sistem kendali ini menggunakan mikropon, penguat sinyal audio yang disertai Automatic Gain Control, empat buah tone decoder, ATMega16, LCD 2x16, motor driver dan dua buah motor DC. Poin utama dari sistem kendali ini adalah untuk mendeteksi komposisi frekuensi nada tertentu sesuai dengan yang diinginkan dengan menggunakan tone decoder dan menanggapi kondisi tersebut dengan respon pergerakan motor DC dan tampilan kata pada LCD.
Sistem pengontrol gerak mobile robot ini menggunakan empat buah tone decoder untuk empat kondisi gerakan (maju, mundur, kanan, dan kiri), dengan delay respon gerak selama 1,10 detik untuk jarak 60 cm dan 1,25 detik untuk jarak 180 cm. Adapun besar penguatan amplitudo sinyal pada pre-amp nya adalah sebesar 126,4 kali dengan besar tegangan maksimum keluarannya sebesar 4,52 Vpp, kemudian distabilkan oleh AGC agar tetap berada pada level tegangan 1,3 Vpp. tone decoder, sensor suara, audio, robot, nada

Subjek

MIKROKONTROLLER
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI DETEKTOR NADA MENGGUNAKAN TONE DECODER BERBASIS MIKROKONTROLER PADA MOBILE ROBOT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ahadiyat Sasmita Mukti
Perorangan
M. Sarwoko; Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini