PEMANFAATAN RADIASI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENGHASILKAN ENERGI LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN SOLENOIDA PADA JARINGAN TEGANGAN MENENGAH (JTM)

ZULAFANDY PURBA

Informasi Dasar

115070095
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan energi listrik terus meningkat. Rasio elektrifikasi di Indonesia masih rendah hal ini disebabkan masih terbatasnya persediaan energi listrik di Indonesia. Permintaaan akan energi listrik terus bertambah sehingga harga tarif listrikpun meningkat. PT PLN Indonesia sudah menyediakan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT), Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) dan jaringan distribusi Tegangan Menengah dan Tegangan Rendah (TM/TR). Saluran dan jaringan tersebut belum didayagunakan secara optimal. Oleh karena itu perlu diupayakan peningkatan efisiensi dari saluran jaringan yang telah tersedia. Untuk mengubah besar tegangan input tersebut dapat memanfaatkan beberapa komponen seperti induktor yang dapat menyimpan muatan dalam bentuk medan magnet dan kapasitor yang dapat menyimpan muatan dalam bentuk medan listrik.

Dalam tugas akhir ini dirancang sebuah Alat Penangkap gelombang elektromagnetik (ggl induksi) di jaringan tegangan menengah sebesar 20 KV, yang dapat menangkap medan magnet di sekitar kawat berarus yang memiliki tegangan output 317 mV. Empat buah kapasitor dan empat buah dioda dirangkai secara paralel dan dapat menghemat energi selama pemakaian. Kumparan berinti ferit digunakan untuk menangkap medan magnet disekitar kawan berarus, dimana frekuensinya adalah 50Hz standar PLN.

Dari pengujian dan analisis yang telah dilakukan, tegangan output yang dihasilkan dari masing-masing perangkat adalah sebesar 0.934 V dan 1.0 V. Hasil tersebut sesuai dengan penggunaan empat buah kapasitor secara seri. Dengan menganalisis rangkaian tersebut, untuk menaikkan (step-up) bergantung pada jumlah dan tegangan breakdown kapasitor. Pemanfaatan gelombang elektromagnetig, Jaringan Tegangan Menengah

Subjek

Electromagnetism - electric
 

Katalog

PEMANFAATAN RADIASI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENGHASILKAN ENERGI LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN SOLENOIDA PADA JARINGAN TEGANGAN MENENGAH (JTM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZULAFANDY PURBA
Perorangan
Porman Pangaribuan; Ekki Kurniawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini