PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MODUL ETHERNET UNTUK PLC BERBASIS MIKROKONTROLER ST

RURY ANGRITA KARLINA

Informasi Dasar

115070086
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Programmable Logic Controller (PLC) merupakan suatu piranti yang dibuat sebagai pengganti kumpulan relay-relay mekanik yang digunakan dalam sistem kontrol. PLC bekerja dengan cara membaca status (kondisi) yang dialami oleh inputnya, untuk kemudian digunakan dalam pengubahan status output-nya. Sedangkan bentuk dan jumlah pengubahan yang terjadi pada output PLC, tergantung pada program yang diberikan oleh user dalam bentuk diagram ladder yang disebut dengan ladder opcode.

Tugas Akhir ini membahas mengenai sebuah sistem yang dapat memonitor PLC berbasis Mokrokontroler ST melalui Local Area Network (LAN). Hal ini dapat memudahkan user dalam memonitor PLC karena dapat diakses jarak jauh tanpa harus mendatangi tempat client. Sistem Ethernet yang dirancang pada tugas akhir ini berbasis mikrokontroler ATMega128, menggunakan bahasa C sebagai bahasa pemrogramannya, menggunakan Visual Basic untuk perancangan interface komunikasi ethernet perangkat lunaknya, dan menggunakan modul serial to ethernet WIZ107SR. Perangkat keras sistem Ethernet sendiri meliputi sistem minimum, rangkaian catu daya dan konverter level tegangan TTL ke level tegangan RS232.

Sistem yang diimplentasikan dalam Tugas Akhir ini telah diuji dan berfungsi dengan baik. Dari hasil pengujian dengan menggunakan komunikasi Ethernet didapatkan nilai jangkauan delay 0,0014888 – 0,00478726 second. Tingkat keberhasilan sistem untuk dapat memonitor sebesar 92%. Jika dibandingkan dengan pengujian sebelumnya oleh Rastri Dzulsendhi dalam Tugas Akhir yang berjudul “PEMROGRAMAN PLC JARAK JAUH BERBASIS JARINGAN PSTN”, maka proses memonitor dengan menggunakan komunikasi Ethernet jauh lebih baik. Ethernet, Mikrokontroller ATMega128, WIZ107SR

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MODUL ETHERNET UNTUK PLC BERBASIS MIKROKONTROLER ST
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RURY ANGRITA KARLINA
Perorangan
M.ARY MURTI, ; SONY SUMARYO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini