Implementasi Wireless Sensor Network untuk Komunikasi Antar PLC (programmable Logic Controller)

Aryo De Wibowo M.S.

Informasi Dasar

115070081
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Wireless Sensor Network (WSN) adalah sebuah perangkat jaringan nirkabel yang digunakan untuk memonitoring secara kolektif dan menyebarkan informasi tentang berbagai data yang ditangkap maupun kondisi lingkungan sekitar, seperti suhu, suara, getaran, gelombang elektromagnetik, tekanan, dan gerakan. Aplikasi dan penggunaan dari Wireless Sensor Network ada banyak dan bervariasi, tapi umumnya adalah untuk komunikasi, monitoring, tracking, dan controlling. Aplikasi spesifik dari Wireless Sensor Network salah satunya adalah komunikasi antar PLC.

Dalam merancang dan mengimplementasikan hardware, seluruh referensi dari datasheet dari tiap-tiap komponen. Komponen yang dipakai berupa modul ZIG100, mikrokontroller ATMega 128, dan beberapa komponen pendukung lainnya.

Hasil Tugas Akhir ini berupa perangkat wireless sensor network yang diimplementasikan dalam PLC (Programmable Logic Controller). Perangkat Wireless Sensor Network yang digunakan adalah ZIG100. PLC (Programmable Logic Controller) dapat berkomunikasi ke PLC lain menggunakan Wireless Sensor Network. Sehingga komunikasi antar PLC dapat berjalan lancar karena Wireless Sensor Network dapat bertahan di lingkungan pabrik, dapat mengatasi kesalahan node, dan topologi jaringan yang dinamis. Wireless Sensor Network, Programmable Logic Controller, ZIG100

Subjek

PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)
 

Katalog

Implementasi Wireless Sensor Network untuk Komunikasi Antar PLC (programmable Logic Controller)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aryo De Wibowo M.S.
Perorangan
M. Ary Murti; Lukman Mawardi W
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini