DESAIN DAN IMPLEMENTASI SENSOR KAMERA SEBAGAI PENDETEKSI GARIS PADA ROBOT MOBIL PENGIKUT GARIS

Endang Rusiana

Informasi Dasar

115070074
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Beberapa robot otomatis yang sekarang cukup populer untuk dikembangkan sekarang ini salah satunya adalah robot mobil . Beberapa kecerdasan ditanamkan ke dalam robot untuk dapat membantu tugas dan pekerjaan manusia. Salah satu pe ngembangan dalam dunia industri adalah robot pengikut garis atau biasa disebut line follower robot. Robot jenis ini dapat dipakai

untuk mengatur logistik di gudang

gudang industri dan distribusi barang.

Robot pengikut garis sendiri biasanya menggunakan sensor proximity cahaya yang terdiri dari komponen fotodioda . Akan tetapi , untuk pembacaan lintasan garis yang lebih luas lebih baik jika menggunakan kamera. Untuk itu, digunakan sebuah webcam sebagai senso r kamera karena harganya yang terjangkau dan mudah dikoneksikan dengan komputer (sebuah komputer akan digunakan untuk mengolah data citra). Pada komputer data diolah menggunakan software MATLAB yang kemudian terkoneksi pada mikrokontroler ATMega32. Mikroko ntroler berfungsi untuk mengendalikan motor DC sebagai roda robot.

Pada setiap percabangan lintasan robot ditempatkan sebuah landmark sebagai penentu posisi robot. Landmark tersebut menunjukan arah robot untuk mencapai posisi yang diinginkan. Metode filt er warna digunakan untuk mendeteksi garis serta keberadaan landmark. Sedangkan untuk mengenali landmark , digunakan metode PCA.

Pada akhirnya k amera dapat mengakuisisi data gambar yang kemudian diolah oleh komputer .K emudian komputer memberikan perintah eksekusi pada kedua roda sehingga robot dapat mengikuti garis tepat di tengah badan robot. Robot telah teruji memiliki tingkat keluar dari garis sebesar 0,1333% . Sedangkan tingkat akurasi dalam mengikuti garis terhadap badan robot , robot memiliki tingkat k etidaktepatan sebesar 0,2464% . Dalam mengenali landmark robot mampu memiliki tingkat akurasi sekitar 95%.

robot pengikut garis , kamera , sensor , landmark .

Subjek

Robot
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI SENSOR KAMERA SEBAGAI PENDETEKSI GARIS PADA ROBOT MOBIL PENGIKUT GARIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Endang Rusiana
Perorangan
Unang Sunarya; Denny Darlis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini