PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM ENKRIPSI SUARA BERBASIS FPGA MENGGUNAKAN ALGORITMA RIJNDAEL

ABDUL LATIF FAUZAN

Informasi Dasar

115070068
518.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Banyaknya jenis komunikasi suara saat ini masih belum diikuti dengan adanya suatu standar keamanan. Tugas Akhir ini menawarkan salah satu solusi untuk keamanan pengiriman suara dengan menggunakan algoritma Rijndael. Algoritma Rijndael merupakan standar algoritma kriptografi resmi yang telah ditetapkan oleh NIST (National Institute of Standards and Technology). Algoritma Rijndael ini yang kemudian dikenal dengan AES (Advanced Encryption Standard). AES Rijndael merupakan algoritma block cipher dengan menggunakan sistem permutasi dan substitusi (P-Box dan S-Box).

Dalam Tugas Akhir ini perancangan dimodelkan dengan menggunakan bahasa pemrogaman VHDL dan disimulasikan menggunakan Modelsim SE 6.5 kemudian disintesis dan diimplementasikan mengunakan Xilinx ISE 8.1. Divais target dalam Tugas Akhir ini menggunakan board FPGA VIRTEX-4 XC4VLX25 FF668-10.

Dari hasil pemodelan dan simulasi maka dilakukan sintesis pada tingkat hardware FPGA dengan Xilinx Shynthesize Tools. Dari hasil sintesis blok sistem enkripsi suara didapatkan jumlah resource yang dibutuhkan adalah slice flip-flop 7%, jumlah 4 input LUT 7%, jumlah occupied slice 10 %, jumlah related logic slice 100%, jumlah IOB 6%, jumlah BUFG 12%. Frekuensi kerja maksimum adalah 221.420 MHz dengan perioda minimum 4.516ns. Secara keseluruhan, penelitian ini telah membuktikan bahwa Sistem enkripsi suara hasil perancangan dengan menggunakan algoritma Rijndael dapat diimplementasikan pada FPGA. Namun untuk bagian dekripsi masih belum mendapatkan hasil yang sesuai dengan algoritma. Untuk pengembangan selanjutnya, keluaran dapat diaplikasikan secara real time

kriptografi, AES Rijndael, VHDL, FPGA

Subjek

ALGORITHM ANALYSIS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM ENKRIPSI SUARA BERBASIS FPGA MENGGUNAKAN ALGORITMA RIJNDAEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABDUL LATIF FAUZAN
Perorangan
ISWAHYUDI HIDAYAT; DENNY DARLIS
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini