DESAIN VENDING MACHINE UNTUK PENJUALAN KORAN BERBASIS USSD (UNSTRUCTURED SUPPLEMENTARY SERVICE DATA) MULTI OPERATOR DENGAN SISTEM PENGAMANAN PIN

EKO WAHYUDI

Informasi Dasar

115070066
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Vending machine merupakan sebuah alat transaksi otomatis dimana kita memasukan uang kertas atau koin agar alat tersebut bekerja dan mengeluarkan barang yang kita inginkan. Koin yang digunakan biasanya adalah koin khusus dimana hanya koin t ersebut yang bisa dibaca oleh vending machine . Untuk memperolehnya, kita menukarkan uang dengan nominal tertentu kepada operator. Vending machine yang menggunakan uang kertas bekerja dengan sensor yang mngidentifikasi material yang masuk. Namun alat ini be kerja pada uang kertas dengan nominal tertentu (biasanya bilangan bulat) dan dalam kondisi layak.
Dalam Tugas Akhir ini dibuat sebuah vending machine yang dapat bekerja menggunakan aplikasi transfer pulsa menggunakan USSD ( Unstructured Supplementary Serv ice Data ) sebagai alat pembayarannya sehingga alat ini dapat diakses dari jarak jauh dengan nominal yang tidak terikat pada bilangan bulat saja. Alat ini memiliki kapasitas penampungan koran yang lebih banyak dari generasi sebelumnya. Selain itu alat ini dilengkapi layanan multi operator sehingga dapat diakses oleh konsumen dengan operator GSM yang berbeda. Alat ini juga dilengkapi dengan sistem pengamanan berupa pin sehingga konsumen hanya dapat alat ini dengan memasukan pin yang telah diberikan. Alat ini bekerja dengan membaca pesan yang dikirim oleh operator yang disebabkan proses transfer pulsa. Kemudian mikrokontroler mengidentifikasi pesan terkait dengan nominal pulsa yang ditransfer, nomor pengirim, dan nomor operator. Selanjutnya mikrokontroler akan memerintahkan aktuator untuk mendorong koran.
Hasil pengujian menunjukkan tingkat keberhasilan sistem dengan menganalisis jumlah transaksi yang berhasil dan waktu yang dibutuhkan user untuk melakukan transaksi hingga koran keluar.
Kata kunci: Vending mach ine, USSD ( Unstructured Supplementary Service Data ).

Subjek

ELECTRIC CIRCUIT
 

Katalog

DESAIN VENDING MACHINE UNTUK PENJUALAN KORAN BERBASIS USSD (UNSTRUCTURED SUPPLEMENTARY SERVICE DATA) MULTI OPERATOR DENGAN SISTEM PENGAMANAN PIN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EKO WAHYUDI
Perorangan
M. RAMDHANI; BUDI SETIADI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini