DESAIN DAN IMPLEMENTASI DETEKTOR TINGKAT STRES PORTABLE BERDASARKAN GSR, DENYUT NADI, DAN SUHU TUBUH MANUSIA

LISA AYU WULANDARI

Informasi Dasar

115070061
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Stres merupakan reaksi individu terhadap stresor (penyebab stres) yang bila tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan dampak yang fatal. Untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut diperlukan suatu indikasi awal saat terjadinya stres. Salah satu cara adalah dengan mengamati perubahan respon fisiologis dan psikologis manusia. Indikator fisiologis lebih bersifat objektif, mudah diidentifikasi, dapat diamati dan dapat diukur dibandingkan dengan respon psikologis. Oleh karena itu banyak dikembangkan alat pendeteksi stres yang menggunakan parameter yang bersifat fisiologis. Namun alat yang telah dikembangkan hanya menggunakan satu parameter dan memiliki harga yang relatif mahal.

Pada tugas akhir ini digunakan tiga parameter fisiologis yang perubahannya dapat mengidentifikasikan tingkat stres manusia yaitu resistansi kulit yang biasa disebut dengan GSR (Galvanic Skin Response), denyut nadi, dan suhu tubuh. Pemilihan ketiga parameter ini didasarkan pada sensitivitas parameter terhadap perubahan tingkat stres, kesederhanaan dan kemudahan pengolahan hasil pengukuran untuk sebuah sistem portable.

Hasil pembacaan ketiga sensor akan dikuatkan, difilter dan selanjutnya dijadikan input port ADC (Analog to Digital Converter) dan timer mikrokontroler. Kemudian mikrokontroler akan mengklasifikasikan masukan sesuai tingkat stres yang sudah ditentukan berdasarkan tes DASS42. Keluaran yang berupa tingkat stres dan nilai pembacaan sensor ditampilkan di LCD display.

Alat yang dirancang pada tugas akhir ini hanya dapat mengkategorikan kondisi stres sampai tiga tingkat, yaitu normal, ringan, dan sedang dengan nilai performansi 60%. Sistem denyut nadi memiliki rata – rata nilai perbedaan perhitungan 7.45 dibandingkan dengan perhitungan manual. Sistem suhu memiliki rata – rata nilai perbedaan 0.3 dibandingkan thermometer yang ada di pasaran. Dan sistem GSR yang memiliki nilai linier terhadap kenaikan tingkat stres. GSR, denyut nadi, temperatur, tingkat stres

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI DETEKTOR TINGKAT STRES PORTABLE BERDASARKAN GSR, DENYUT NADI, DAN SUHU TUBUH MANUSIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LISA AYU WULANDARI
Perorangan
Achmad Rizal, ST., MT.; Litasari W S, Psi.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini