DESAIN VENDING MACHINE BERBASIS USSD (UNSTRUCTURED SUPPLEMENTARY SERVICE DATA) SEBAGAI APLIKASI ELECTRIC MONEY

Dhony Imam Saputra

Informasi Dasar

115070059
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Vending machine adalah alat transaksi berbentuk mesin penjualan otomatis untuk barang tertentu yang dioperasikan menggunakan alat pembayaran khusus. Alat pembayaran khusus itu biasanya berupa koin. Untuk memperoleh koin tersebut, kita harus menukarkan uang konvensional kepada toko yang menjual koin tersebut. Alat ini pun menjual barang dengan nominal harga yang bulat dan seragam untuk semua jenis item yang dijual. Seiring dengan perkembangan teknologi, alat ini pun mengalami kemajuan untuk sistem transaksinya yang beralih dari sistem koin menjadi sistem sensor untuk membaca uang kertas dengan nominal tertentu. Sedangkan sistem nominal harganya masih tetap menggunakan harga yang bulat dan seragam untuk penjualan item yang berbeda.

Pemilihan menggunakan USSD adalah mempermudah dalam proses transaksinya, Protokol USSD ini digunakan sebagai aplikasi pembayaran dalam bentuk transfer pulsa sebagai electric money. USSD mampu mentransfer pulsa dalam jumlah berapa saja, sehingga sangat cocok untuk mesin penjual yang memuat berbagai macam barang bervariasi harganya. Selain itu, hardware yang diperlukan adalah telefon genggam yang telah dimliki banyak orang, tentunya ini akan mempermudah kemudahan dalam pembayaran. Mereka cukup bertransaksi dengan pulsa melalui telefon genggam tanpa membawa uang fisik.

Pulsa yang ditransfer dengan protokol USSD dari pembeli akan dibaca menggunakan modul GSM. Selanjutnya akan diproses melalui mikrokontroler untuk menggerakan aktuator dalam mesin penjual otomatis. Keluaran yang diharapkan adalah system ini mampu mengatasi permasalahan dalam kemudahan bertransaksi.

Vending maching, USSD, Electric money,Pulsa

Subjek

MIKROKONTROLLER
 

Katalog

DESAIN VENDING MACHINE BERBASIS USSD (UNSTRUCTURED SUPPLEMENTARY SERVICE DATA) SEBAGAI APLIKASI ELECTRIC MONEY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dhony Imam Saputra
Perorangan
M.Ary Murti; Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini