Desain dan Implementasi IPRadio dengan Menggunakan Media TCP/IP Berbasis FPGA

Agustinus Bintang

Informasi Dasar

115070049
005.362
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat perkembangannya dan sampai saat ini komunikasi dengan memanfaatkan protokol TCP/IP sudah mulai marak. Dan dengan maraknya pemanfaatan protokol tersebut maka akan memicu peralihan system komunikasi dari komunikasi analog menjadi komunikasi digital. Sebagai contoh VoIP (Voice over Internet Protokol) dan TV digital. Dan komunikasi yang sampai sekarang masih diminati sebagian orang saat ini adalah radio. Banyak stasiun radio (yang merupakan salah satu komunikasi simplex) saat ini yang sudah memanfaatkan jaringan IP sebagai sarana komunikasinya. Sistem kerja ini memungkinkan siaran radio terdengar ke seluruh dunia asalkan pendengar memiliki perangkat internet. Dalam pemanfaatannya manfaatnya meliputi jangkauan yang sangat luas dibandingkan dengan mengguankan frekuensi radio analog.

Dalam tugas akhir ini telah dirancang dan diimplementasikan sebuah transceiver IPRadio beserta pengolah audio berbasis FPGGA SPARTAN-3 . konsentrasi tugas akhir ini terletak pada desain, control RAM, control audio codec AKM4551 dan komunikasi serial anatara FPGA dengan Wiznet WIZ620wi sebagai converter serial to LAN pada FPGA SPARTAN-3.

Pengujian dilakukan dengan memasukan input analog dari microphone dan hasil pengkodeannya ditransmisikan dengan menggunakan serial dan memanfaatkan modul wiznet untuk mentrasnmisikan menggunakan media TCP/IP. Hasil dari tes sintesis dapat dilihat dari hasil sintesis sistem yang memerlukan periode minimum: 6.084ns (Frequensi Maksimum: 164.366MHz) delay input minimum sebelum clock: 5.115ns delay minimum setelah clock: 6.456ns dan total memori yang digunakan adalah 133628 kilobytes. Dan dari hasil sintesis report dapat disimpulkan sistem IPRadio yang telah dirancang didapatkan jumlah resource yang dibutuhkan adalah jumlah slice register 98%, jumlah LUT(Look Up Table) 36%, dan jumlah IOB 8% FPGA SPARTAN -3, audio codec AKM4551, control RAM.

Subjek

PROGRAMMING IN SPECIFIC PROGRAMMING LANGUAGES
 

Katalog

Desain dan Implementasi IPRadio dengan Menggunakan Media TCP/IP Berbasis FPGA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agustinus Bintang
Perorangan
Asep Mulyana; Denny Darlis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini