DESAIN DAN IMPLEMENTASI PENGONTROL LENGAN ROBOT BERBASIS FPGA DENGAN MOUSE PS/2 SEBAGAI PENGENDALI GERAK

FANDY MAHATMA JAYA

Informasi Dasar

115070047
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat telah memicu lahirnya teknologi yang memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia. Dan robot adalah salah satu teknologi yang muncul untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dengan menggunakan teknologi robot, semua bidang pekerjaan manusia menjadi efektif, praktis, dan efisien. Sebagai contoh, penggunaan teknologi lengan robot di bidang industri untuk memindahkan suatu produk atau barang dari suatu titik koordinat ke titik koordinat yang lain tanpa mengenal istirahat, sehingga akan dapat meningkatkan kapasitas produksi industri tersebut. Ataupun penggunaan lengan robot pada tempat yang berbahaya bagi manusia, misalnya di laboratorium nuklir, pengintai musuh, penjinak bom, dan sebagainya.

Dalam tugas akhir ini, telah dirancang interface mouse PS/2 ke dalam FPGA yang digunakan untuk mengontrol motor AX-12+. Konsentrasi perancangan terletak pada desain pengontrol lengan robot yang mengintegrasikan antara mouse PS/2, FPGA SPARTAN-3, dan motor AX-12+. Interface mouse terdiri dari beberapa blok. Data mouse yang diperoleh akan diproses dan diolah oleh FPGA yang nantinya disinkronisasikan dengan blok sistem UART berupa paket instruksi dari motor servo AX-12+. Sehingga fungsi mouse secara keseluruhan sebagai pengendali gerak motor dengan FPGA sebagai pemroses dan pengolah datanya.

Sistem yang telah dirancang untuk menggerakkan servo motor AX-12+ ini, hanya mampu menerima data jika mouse digeser ke kanan atau ke kiri saja. Hal ini dikarenakan servo motor yang dipakai hanya satu dan hanya mampu berputar searah atau berlawanan arah jarum jam. Implementasi pada FPGA Spartan-3 XC3S1000 menghasilkan sistem pengontrol motor servo AX-12+ ini menghabiskan memory pada FPGA sebesar 152340 kilobytes atau sebesar 59,50% dari total memory FPGA SPARTAN-3 XC3S1000. Data dari mouse yang digeser tersebut dikenali oleh motor dengan mengkonversi terlebih dahulu jarak pergeseran mouse (cm) menjadi data heksa, yang mana data tersebut akan menjadi sebuah instruksi untuk menggerakkan motor servo AX-12+. lengan robot, mouse ps/2, motor servo AX-12+, fpga spartan-3.

Subjek

Automatic control
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI PENGONTROL LENGAN ROBOT BERBASIS FPGA DENGAN MOUSE PS/2 SEBAGAI PENGENDALI GERAK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FANDY MAHATMA JAYA
Perorangan
Sony Sumaryo; Denny Darlis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini