Perancangan dan Implementasi Sistem Pendeteksi Kadar Hemoglobin dalam Darah secara Non-Invasive berbasis Mikrokontroler

Atika Paramita Simanjuntak

Informasi Dasar

115070040
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengukuran kadar hemoglobin dalam darah umumnya masih dilakukan dengan cara invasive (melukai bagian tubuh pasien). Sedangkan secara non-invasive (tidak melukai bagian tubuh pasien) untuk mengukur hemoglobin dalam darah masih jarang sekali dilakukan. Sistem pengukuran secara non-invasive menggunakan sensor/tranduser optik yang ditempelkan pada permukaan kulit, yaitu permukaan kulit pada jari tangan, daun telinga, atau pada ibu jari kaki.

Pada tugas akhir ini akan dirancang sebuah sistem untuk mendeteksi kadar hemoglobin dalam darah secara non-invasive berbasis mikrokontroller. Alat ini dibuat untuk mengukur kadar hemoglobin dalam darah dengan cara tidak melukai bagian tubuh (non-invasive). Pengukuran kadar hemoglobin ini menggunakan sensor optik yang terdiri dari LED inframerah dan fotoresistor (LDR). Mikrokontroller digunakan untuk memproses data sedangkan LCD digunakan untuk menampilkan hasil pengukuran dari sensor tersebut.

Hasil pengujian yang dilakukan, dapat dilihat secara langsung melalui LCD. Hasil pengujian hemoglobin dengan alat yang dibuat mempunyai tingkat kesalahan sebesar 5%. Hasil ini dapat dijadikan peringatan dini jika Hemoglobin terlalu rendah atau terlalu tinggi. Kata Hemoglobin, Mikrokontroler, Oximeter, Non- Invasive.

Subjek

Automatic control
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Sistem Pendeteksi Kadar Hemoglobin dalam Darah secara Non-Invasive berbasis Mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Atika Paramita Simanjuntak
Perorangan
Achmad Rizal; Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini