PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KENDALI POSISI LENGAN ROBOT JARAK JAUH MENGGUNAKAN MODUL KAMERA BERBASIS PC

Anggadi Sasmito

Informasi Dasar

115070009
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat telah memicu lahirnya teknologi yang memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia. Robot adalah salah satu teknologi yang lahir akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan dewasa ini terus berkembang dengan pesat. Dengan menggunakan teknologi robot, semua bidang pekerjaan manusia menjadi efektif dan efisien. Sebagai contoh, penggunaan teknologi lengan robot di industri untuk memindahkan suatu produk dari suatu koordinat ke koordinat lainnya tanpa mengenal istirahat, akan meningkatkan kapasitas produksi industri tersebut. Ataupun penggunaan lengan robot pada tempat yang berbahaya bagi manusia, misalnya di laboratorium kimia reaktif, ruangan uji nuklir dan sebagainya.
Dalam tugas akhir ini, telah dirancang dan diimplementasikan sebuah pengontrol lengan robot wireless menggunakan modul kamera. Konsentrasi tugas akhir ini terletak pada Integrasi antara motor servo, modul kamera, mikrokontroller, modul wireless, dan PC. Motor yang dipakai adalah motor servo standard.
Lengan robot yang telah dirancang mampu untuk bergerak pada sesuai dengan keinginan user yang dapat diakses dari jarak yang cukup jauh, dengan jarak maksimal transfer data video sejauh 7 meter. Lengan robot juga mampu mengangkat beban maksimal sebesar 0.3 Kg.

lengan robot, motor servo, mikrokontroller, wireless, modul kamera

Subjek

Robot - microcontroller
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KENDALI POSISI LENGAN ROBOT JARAK JAUH MENGGUNAKAN MODUL KAMERA BERBASIS PC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anggadi Sasmito
Perorangan
M. ARY MURT; JUNARTHO HALOMOAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini