PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ARTIFICIAL NEURAL NETWORK (ANN) PADA FPGA UNTUK MENENTUKAN JENIS GOLONGAN DARAH

Heri Murwati

Informasi Dasar

115070006
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam dunia medis masih terjadi ketidakpuasan pelayanan yang disebabkan kekurangan fasilitas pengujian golongan darah. Jika jumlah yang diuji banyak akan timbul permasalahan sehingga diperlukan alat bantu elektronik untuk menentukan golongan darah. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang penggunaan Artificial Neural Network (ANN) pada Field Programable Gate Array ( FPGA) untuk menentukan golongan darah.

Penelitian ini menggunakan citra sampel darah sebagai input sistem. Citra yang akan digunakan berukuran 32x32 pixel, 48x48 pixel, 64x64 pixel, 80x80 pixel, dan 96x96 pixel. Untuk mendiskripsikan algoritma digunakan bahasa VHSIC Hardware Discription Language (VHDL). Algoritma ANN yang digunakan adalah forward propagation dari algoritma backpropagation. Terdapat 3 layer yang digunakan, yaitu input, hidden1, dan output. Pada masing-masing layer hidden1 memiliki dua neuron.

Dengan penerapan ANN pada FPGA dalam penelitian ini didapatkan hasil tingkat keberhasilan deteksi berdasarkan pengelompokan dengan rasio mean dan median jumlah nilai bit ‘1’ diperoleh diatas sebesar 75%. Artificial Neural Network (ANN), Field Programable Gate Array

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ARTIFICIAL NEURAL NETWORK (ANN) PADA FPGA UNTUK MENENTUKAN JENIS GOLONGAN DARAH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Heri Murwati
Perorangan
Ida Wahidah; Denny Darlis,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini