PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING KUALITAS UDARA DALAM RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER

ERIZWAN RAMADHANI

Informasi Dasar

115070003
005.262
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem monitoring kualitas udara merupakan konsep pengukuran terhadap parameter kualitas udara, yaitu kadar gas yang terkandung di dalamnya secara akurat dengan tampilan data pada interface yang baik. Sistem monitoring diperlukan sebagai indikator kualitas udara pada ruangan untuk mencegah gangguan yang diakibatkan oleh kontaminasi zat atau gas polutan tertentu.

Dalam Tugas Akhir ini, dilakukan desain dan implementasi perangkat sistem monitoring pada ruangan dengan tiga kondisi pengujian, sehingga dapat diketahui kualitas udara pada kondisi tersebut melalui interface yang telah dibuat sebagai kebutuhan proses controlling dan penanganan lebih lanjut.

Sistem yang didesain mampu melakukan proses pengiriman dan perbandingan data hasil pengujian dari mikrokontroler ke PC. Sensor yang digunakan adalah TGS2600 sebagai general air quality monitor dengan dengan nilai presisi 98.75% dan akurasi 99.97% sedangkan error 0.021%. Sistem telah diimplementasikan pada perinatal room sebagai ruang uji dengan menggunakan parameter pengukuran dari hasil konversi perhitungan. TGS2600, udara, monitoring, mikrokontroler, Visual Basic.Net

Subjek

PROGRAMMING IN SPECIFIC PROGRAMMING LANGUAGES
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING KUALITAS UDARA DALAM RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERIZWAN RAMADHANI
Perorangan
M. Sarwoko; Firman Prima
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini