DESAIN DAN IMPLEMENTASI PENGONTROLAN KECEPATAN MOTOR DC PADA APLIKASI KONVEYOR MENGGUNAKAN METODE LOGIKA FUZZY

ADHI KURNIA

Informasi Dasar

115070002
511.313
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berbagai plant dikendalikan untuk memenuhi kebutuhan industri. Salah satu pengendalian yang sering dilakukan adalah pengendalian kecepatan motor DC. Motor DC telah digunakan pada banyak aplikasi seperti konveyor ,rolling mills,kereta listrik ,dan manipulator robotik .Dalam Mengendalikan suatu plant, biasanya digunakan model matematika untuk mengatur plant tersebut.Namun dalam kenyataannya, nilai dari variabel – variabel dalam model matematika sebuah plant tersebut tidak tersedia.

Pada Tugas akhir telah dirancang sistem pengontrolan konveyor dengan penggerak sebuah motor DC yang dikendalikan oleh pengontrol berbasis mikrokontroller ATMEGA 8535 yang di dalamnya telah ditanamkan program fuzzy logic controller .Set point berupa kecepatan RPM tunggal sebesar 100 RPM yang diatur melalui mikrokontroler.Algoritma yang digunakan adalah proportional fuzzy logic controller. Proportional fuzzy logic controller terbukti dapat mengurangi overshoot maksimum tanpa memperbesar steady state error.

Pada pengujian tugas akhir ini didapatkan rata-rata error sensor kecepatan sebesar 8 % .Hal Ini dikarenakan terdapat selisih antara tegangan keluaran rangkaian frequency to voltage dengan tegangan hasil perhitungan.Hasil pengamatan performansi kontrol didapatkan bahwa logika fuzzy yang ditanamkan dapat mengurangi osilasi pada sistem sebesar 42,8%. Dari hasil pengujian terhadap jumlah himpunan linguistik yang berbeda didapatkan bahwa himpunan linguistik yang lebih banyak menghasilkan kecepatan eksekusi yang lebih lama dan pemakaian memori mikrokontroler yang lebih banyak.Dilihat dari perbandingan performansi antara logika fuzzy dengan 5 himpunan linguistik dan 3 himpunan linguistik didapatkan bahwa tidak berpengaruh secara signifikan, walaupun grafik performansi 5 himpunan linguistik terlihat lebih halus. Logika Fuzzy, Proportional Fuzzy Logic Controller, Mikrokontroler ATMEGA 8535 , Motor DC , Konveyor

Subjek

Fuzzy logic
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI PENGONTROLAN KECEPATAN MOTOR DC PADA APLIKASI KONVEYOR MENGGUNAKAN METODE LOGIKA FUZZY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADHI KURNIA
Perorangan
M. ARY MURTI ; BUDI SETIADI,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini