IMPLEMENTASI DAN ANALISIS VOIP CLIENT BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN WEBRTC API DAN PROTOKOL WEBSOKET

Farhan Anggawie

Informasi Dasar

114090114
004.65
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tugas akhir ini membuat sebuah sistem untuk mengintegrasikan VoIP client berbasis web dengan aplikasi softphone VoIP client yang telah ada.Nantinya aplikasi VoIP client berbasis web ini dapat diakses melalui web browser dan dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan aplikasi VoIP yang telah ada. Untuk sisi server yang menangani pensinyalan sistem ini diuji coba menggunakan dua sekenario server VoIP.

Aplikasi VoIP client berbasis web ini dibangunmenggunakan teknologi WebRTC API yang terdapat pada browser dan protokol Websocket sebagai pendukung SIP dalam proses sesi inisiasi. Dengan teknologi WebRTC browser dapat melakukan komunikasi real time percakapan suara dan video ,seperti video chat, tanpa memerlukan plugin. Sedangkan teknologi WebSocket dugunakan untuk menangani bagian sesi inisiasi dengan kemampuannya menyediakan saluran komunikasi full - duplex melalui koneksi TCP tunggal antara client dan server.

Dari hasil pengujian integrasi antara VoIP client berbasis web dengan aplikasi softphone Linphone didapatkan kedua VoIP client tersebut dapat berkomunikasi SIP dengan menggunakan SIP server yang mendukung koneksi WebSocket. Dari rata - rata ketiga sekenario pengujian post dial delay didapat nilai terbesar 0.46 detik yang memenuhi standar ITU - T E.721. Akan tetapi implementasi VoIP client berbasis web ini masih memiliki kendala perbedaan standar SDP. Dalam sistem yang diuji perbedaan standar SDP terdapat pada pengunaan protokol profile media, menejemen security key, dan parameter identifikasi media. VoIP, SIP, WebRTC, WebSocket, PDD

Subjek

COMMPUTER COMMUNICATION NETWORKS
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS VOIP CLIENT BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN WEBRTC API DAN PROTOKOL WEBSOKET
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Farhan Anggawie
Perorangan
Asep Mulyana; Yudha Purwanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini