ANALISIS PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGGERAK LED BERBASIS MIKROKONTROLER UNTUK PENERANGAN LAMPU JALAN HEMAT ENERGI

Muhammad Pasha Aulia Rahman

Informasi Dasar

114090092
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan akan energi listrik saat ini semakin meningkat sementara bahan bakar fosil yang digunakan untuk pembangkitan energi listrik semakin berkurang. Sehingga untuk membantu program pemerintah dalam hal penghematan penggunaan energi listrik akan dilakukan suatu penelitian untuk membuat lampu hemat energi yang menggunakan (Light Emitting Diode) LED.Sistem lampu LED hemat energi dirancang menggunakan microkontroller jenis daya rendah ATMega16A yang digunakan untuk mengendalikan nyala lampu LED dengan metoda penggerak LED menggunakan port (Pulse Width Modulation) PWM sebagai dimming, sehingga daya listrik yang diserap oleh LED tidak kontinu.
(Light Dependent Resistor) LDR digunakan untuk masukan sistem agar lampu dapat menyala ketika intensitas cahaya matahari berkurang dan mati saat intensitas cahaya matahari dirasa cukup melalui PORTB yang telah di inisialisasi PWM. Lampu LED yang digunakan ialah lampu DC High Power LED 1 Watt sebanyak 3 buah yang dipasang secara paralel sesuai dengan driver/adaptor yang mencatunya.
Hasil penghematan konsumsi daya listrik yang diserap oleh LED tidak kontinu dibandingkan dengan daya listrik yang diserap secara kontinu oleh LED ialah sebesar 28%, intensitas cahaya yang dihasilkan berkurang hingga 16%. Ini diakibatkan oleh penggunaan timer/counter1 untuk penggerak LED dibaca oleh sistem sebagai PWM.
Sistem ini diharapkan agar di implementasikan oleh pemerintah untuk penerangan jalan di kota dengan sedikit penambahan di catu daya menggunakan solarcell sehingga dapat mengurangi anggaran pemerintah untuk pembiayaan konsumsi daya listrik. Mikrokontroller ,ATMega16A , LED , LDR , PWM , driving LED , penggerak LED, lampu, hemat energi.

Subjek

MIKROKONTROLLER
 

Katalog

ANALISIS PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGGERAK LED BERBASIS MIKROKONTROLER UNTUK PENERANGAN LAMPU JALAN HEMAT ENERGI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Pasha Aulia Rahman
Perorangan
R. Rumani M; Agung Nugroho Jati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini