Analisis Perbandingan Uji Kelayakan TeknologiWimax dan Kabel Serat Optik Sebagai Backhaul Teknologi Femtocell HSDPA

JAWI LUDIRO

Informasi Dasar

114090090
621.382 75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan akan layanan data di masyarakat cenderung meningkat tajam sejalan perkembangan jaman. Berdasarkan survey Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2012 terdapat 63juta pengguna internet di Indonseia. APJII juga memprediksi pada tahun 2013 p engguna internet di Indonesia akan naik menjadi 82 juta pengguna atau naik sekitar 30%.

Dengan adanya data tersebut, maka timbul permasalahan apakah jaringan yang ada sekarang dapat menangani jumlah pengguna tersebut atau tidak? Karena jika tidak maka aka n menurunkan kualitas yang diberikan provider untuk pengguna. Hal tersebut tentu akan saling merugikan bagi kedua belah pihak.

Pada tugas akhir ini dilakukan simulasi untuk menganalisa kelayakan jaringan backhaul yang dibentuk dari teknologi WiMAX dan sera t optik untuk teknologi femtocell HSDPA sebagai jaringan aksesnya. Dari simulasi tersebut akan didapatkan data yang nantinya akan dibandingkan dengan standarisasi layanan data di femtocell HSDPA .

Untuk backhaul yang menggunakan WiMAX didapatkan hasil denga n delay 18.3176 ms , packetloss 0%, dan throughput 1.063Mbps. Sedangkan backhaul yang menggunakan fiber optik didapatkan hasil dengan delay 18.3176 ms , packetloss 0%, dan throughput 1.063Mbps. Sedangkan backhaul

yang menggunakan serat optic didapat rata

rata delay 11.66 ms , throughput 240.088 kBps, dan packet loss sebesar 0.5457%. Dari hasil tersebut jika dibandingkan dengan standar TIPHON, ITU T G1010 dan ETSI TR 101 856 dan 329 maka sudah layak untuk dijadikan backhaul femtocell HSDPA .

backhaul , W iMAX , serat optik, femtocell , HSDPA ,delay, packetloss, dan throughput

Subjek

Optical - fiber communication
 

Katalog

Analisis Perbandingan Uji Kelayakan TeknologiWimax dan Kabel Serat Optik Sebagai Backhaul Teknologi Femtocell HSDPA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JAWI LUDIRO
Perorangan
Bud h i Irawan; Andrew B. Osmond
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini