Desain dan Implementasi Sistem Keamanan Rumah Menggunakan IP Camera dengan Metode Deteksi Wajah dan Pengenalan Wajah

Royan Bakhtiar Rifa'i

Informasi Dasar

114090042
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan kamera pengintai atau pengawas mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Namun pemasangan CCTV yang masih konvensional kurang efektif. Karena masih membutuhkan pengawasan secara langsung. Dengan menggunakan IP Camera sebagai kamera pengawas, pemilik rumah bisa melihat kondisi rumah secara real time. Sehingga bisa diakses dimana saja dan kapan saja dengan hanya menggunakan smartphone.
Sistem keamanan menggunakan IP Camera dengan menambahkan kemampuan deteksi wajah dan pengenalan wajah. Proses Face Detection atau deteksi wajah yaitu melakuan pencarian wajah dari masukan video IP Camera. Setelah terdeteksi, gambar wajah akan mengalami proses Face Recognition atau pengenalan wajah. Setelah itu jika tidak sesuai dengan wajah dalam database maka gambar akan ter-capture dan dikirm ke smartphone melalui email. Setelah mengapatkan notifikasi tersebut, pemilik rumah bisa mengakses IP Camera secara real time melalui smartphone atau perangkat lain.
Dari hasil pengujian dapat diambil kesimpulan bahwa sistem berjalan dengan baik jika cahaya terang, jarak wajah dengan IP Camera dibawah kurang dari 3 meter, sudut wajah dibawah 15 Derajat, dan database wajah harus lengkap berbagai ekspresi dan atribut. Waktu proses deteksi wajah dan pengenalan wajah antara 100 ms hingga 200 ms dan waktu pengiriman notifikasi email berkisar 6000 ms hingga 8000 ms. CCTV, IP Camera, Face Detection, Face Recognition, Email,

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

Desain dan Implementasi Sistem Keamanan Rumah Menggunakan IP Camera dengan Metode Deteksi Wajah dan Pengenalan Wajah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Royan Bakhtiar Rifa'i
Perorangan
Budhi Irawan.; Suryo Adhi Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini