Desain dan Implementasi Wireless Sensor Network Berbasis XBee pada Sistem Homke Automation Pengendali Lampu

Alim Budhi Prasetyo

Informasi Dasar

114090011
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Homeautomation adalah otomatisasi dari pekerjaan atau kegiatan dari peralatan rumah tangga, yang dapat meliputi pengaturan : sistem pencahayaan, ventilasi, air conditioner, dan sistem lain. Masalah yang muncul adalah, sistem homeautomation yang sudah ada umumnya belum diterapkan secara terintegrasi dan masih tersegmentasi. Karena itu, bagian – bagian dari sistem bekerja secara independen baik dari segi penerimaan input, pengolahan, serta pemberian respon. Hal ini dapat mengakibatkan sistem tidak bekerja secara sinergis. Untuk memecahkan masalah tersebut, dapat diterapkan wirelesssensornetwork.
Wireless sensor network (WSN) adalah sekumpulan node terdistribusi yang memonitor keadaan lingkungan (contoh: suhu, kelembaban, intensitas cahaya) dan secara kooperatif saling bertukar serta melewatkan data. WSN terdiri dari sejumlah node, dimana masing-masing node terhubung dengan satu atau lebih sensor dan aktuator. Pada tugas akhir ini, dibuat desain dan implementasi sistem homeautomation untuk mengendalikan lampu dengan menerapkan wirelesssensornetwork berbasis XBee. Dengan adanya sistem ini, diharapkan home automation yang dibuat dapat bekerja secara lebih sinergis.
Hasil dari tugas akhir ini adalah sistem wireless sensor network pengendali lampu telah berhasil dibuat sesuai dengan perancangan yang dilakukan. Berdasarkan pengujian yang dilakukan pada sistem yang dibuat, didapatkan parameter optimum agar sistem dapat berfungsi dengan baik. Parameter tersebut yaitu : nilai baud rate sebesar 38400 bps dengan nilai akurasi 100% dan performa maksimal, nilai delay sebesar 800 ms dengan akurasi 87,5% serta efisiensi maksimal.
home automation, wireless sensor network, sinergis

Subjek

AUTOMATIC CONTROL ENGINEERING
 

Katalog

Desain dan Implementasi Wireless Sensor Network Berbasis XBee pada Sistem Homke Automation Pengendali Lampu
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Alim Budhi Prasetyo
Perorangan
Muhammad Nasrun; Agung Nugroho Jati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini