ANALISIS MONITORING TRAFIK JARINGAN BERBASIS SNMP PADA JARINGAN KAMPUS IT TELKOM BANDUNG

Ade Subardan

Informasi Dasar

114080101
004.65
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

IT Telkom Bandung memiliki jaringan yang terhubung ke jaringan internet sebagai fasilitas yang disediakan pihak kampus bagi keperluan akademik. Salah satu parameter untuk menganalisis kepadatan trafik pada jaringan adalah tingkat penggunaan bandwidth. Penggunaan bandwidth pada jaringan tersebut dapat dianalisis oleh protokol manajemen yaitu protokol SNMP. Hal utama yang menyebabkan kepadatan trafik adalah karakteristik dari kebutuhan user. Tingginya kepadatan trafik menyebabkan terjadinya kongesti (kemacetan) pada jaringan.

Dalam tugas akhir ini tools yang digunakan berupa cacti yang dapat memonitor trafik jaringan khususnya penggunaan bandwidth. Parameter yang diukur adalah prosentase rata – rata pemakaian bandwidth dan nilai utilisasi. Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan kepadatan trafik maka harus dibangun dengan cara efisiensi jaringan dan peningkatan kinerja jaringan. Efisiensi jaringan dapat dilakukan dengan cara mengalokasikan penggunaan trafik berdasarkan tujuan utama pembangunan jaringan, sedangkan peningkatan kinerja jaringan dapat dilakukan dengan cara pengembangan perangkat jaringan.

Hasil akhir dari tugas akhir ini didapat bahwa untuk VPN dosen, nilai inbound dan outbound utilization per tahun sebesar 24,25% dan 52,8%. Untuk VPN mahasiswa 1, nilai inbound dan outbound utilization per tahun sebesar 7,33% dan 41,06%. Untuk VPN mahasiswa 2 nilai inbound dan outbound utilization per tahun sebesar 5% dan 27,87%. Oleh karena itu dilihat dari nilai utilitas per tahun bahwa kondisi jaringan masih bagus dan ketersediaan bandwidth masih tercukupi. bandwidth, trafik, SNMP, cacti

Subjek

JARINGAN KOMPUTER
 

Katalog

ANALISIS MONITORING TRAFIK JARINGAN BERBASIS SNMP PADA JARINGAN KAMPUS IT TELKOM BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ade Subardan
Perorangan
R. Rumani M; Andrew Brian Osmond
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini