IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERFORMANSI RAID PADA DATA STORAGE INFRASTRUCTURE AS A SERVICE (IAAS) CLOUD COMPUTING

DELVIA SANTI

Informasi Dasar

114080027
005.12
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Untuk kebutuhan layanan komputasi tentu dibutuhkan investasi secara physical computer. Pada kenyataannya, volume sebuah komputasi akan semakin membesar sehingga dibutuhkan penambahan investasi pada sisi hardware server. Akan tetapi, penggunaan utilitas dari sebuah hardware server saat ini belum digunakan secara maksimal, sehingga investasi hardware akan meningkatkan biaya operasional, maintenance dan lain-lain. Untuk memaksimalkan utilisasi hardware server dapat menggunakan teknologi cloud computing. Teknologi ini, memungkinkan utilisasi yang tidak terpakai dapat digunakan untuk beberapa virtual server lainnya.
Pada media penyimpanan cloud computing yang sangat besar kemungkinan terjadinya kesalahan atau kegagalan menjadi tinggi karena banyaknya data yang akan disimpan atau diproses. Akibatnya kinerja performansi disk pun menjadi menurun. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja performansi disk adalah dengan menggunakan RAID. RAID merupakan singkatan dari Redundant Array of Independent Disk atau Redundant Array of Inexpensive Disk.
Dengan diterapkannya RAID pada data storage Infrastructure as a Service Cloud Computing, jika dilihat dari performansi, RAID 0 merupakan yang paling unggul. RAID 0 mengalami peningkatan kecepatan baca sebesar 11.13% untuk membaca data 10 GB dibandingkan dengan tanpa RAID. RAID 0 mengalami peningkatan kecepatan tulis sebesar 23.35% untuk menulis data 10 GB dibandingkan dengan tanpa RAID. Sedangkan untuk nilai IOPS mengalami peningkatan sebesar 74.80% pada saat sebelum resource digunakan oleh instance dan 80.89% pada saat setelah resource digunakan instance jika dibandingkan IaaS, Cloud Computing, RAID, performansi, disk, IOPS

Subjek

ANALYSIS AND DESIGN SYSTEMS
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERFORMANSI RAID PADA DATA STORAGE INFRASTRUCTURE AS A SERVICE (IAAS) CLOUD COMPUTING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DELVIA SANTI
Perorangan
R. Rumani M; Yudha Purwanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini