IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA DAN PENANGANAN PENYAKIT PADA BALITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Arthur Pradana Hutauruk

Informasi Dasar

114070086
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga bagi manusia, karena siapa saja dapat mengalami gangguan kesehatan. Demikian juga pada balita, dikarenakan mereka sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Banyaknya balita yang sakit menunjukkan bahwa tingkat pemahaman orangtua mengenai kondisi kesehatan balita masih sangat kurang. Dalam keluarga setiap orang tua pasti ingin memberikan sesuatu yang terbaik bagi balitanya agar tidak terkena penyakit. Oleh karena itu sangat diperlukan sikap aktif orangtua dalam hal pemahaman dan kesadaran betapa pentingnya kesehatan balita itu.
Jangkauan informasi kesehatan pada balita harus terus ditingkatkan. Agar semakin banyak orangtua memiliki pengetahuan dalam mendiagnosa masalah kesehatan pada balitanya secara dini. Dengan bantuan perkembangan teknologi orangtua dapat memiliki wawasan dan dapat mendiagnosa penyakit pada balita dengan membuat suatu aplikasi sistem pakar. Aplikasi sistem pakar yang dapat memandu orang tua dalam mendiagnosa penyakit pada balita secara dini. Sistem pakar yang dibangun menggunakan metode certainty factor untuk proses penelusuran penyakit sekaligus menunjukkan tingkat ketepatan diagnosa.
Hasil dari tugas akhir ini adalah kemampuan sistem pakar dalam mendiagnosa penyakit yang diderita oleh balita. Dari pengujian keakuratan sistem yang terdiri dari tiga pengujian, maka didapatkan nilai rata-rata dari hasil ketiga pengujian tersebut adalah 86.6%. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi sistem pakar ini sudah mampu untuk melakukan diagnosa penyakit pada balita dan memberikan solusi penanganan berdasarkan penyakit yang diketahui.
Sistem Pakar , Certainty Factor, Penyakit balita

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Sistem Pakar

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA DAN PENANGANAN PENYAKIT PADA BALITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arthur Pradana Hutauruk
Perorangan
Burhanuddin Dirgantara; Budhi Irawan,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini