ANALISIS PERFORMANSI SISTEM KENDALI PROPORSIONAL PADA QUADCOPTER BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA128

RUDY ABMI ANSYARI P.

Informasi Dasar

114070083
621.39
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kemajuan teknologi robot, saat ini telah banyak membantu manusia terutama dalam menangani pekerjaan yang sulit dilakukan oleh manusia. Sehingga dengan adanya robot, pekerjaan yang tadinya sulit dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat. Salah satu jenis robot yang sedang dikembangkan adalah flyingrobot. Flyingrobot yang digunakan berjenis multicopter. Multicopter yang digunakan berbaling – baling 4(empat) buah disebut juga quadcopter.

Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisis performansi sistem kendali proposional pada quadcopter. Kendali proporsional akan digunakan untuk mengendalikan kecepatan keempat motor penggerak baling-baling agar quadcopter dapat terbang dengan stabil dan setimbang dan dapat menanggulangi pengaruh dari beberapa keadaan ekstrim, seperti angin kencang atau ganguan fisik lainnya. Dan juga untuk pengembangan teknologi robotika, khususnya robot terbang.

Hasil analisis yang didapat adalah IMU dapat bekerja tetapi masih ditemukannya bias error yang dapat mengganggu dalam pembacaan sensor. Sehingga diperlukannya filterisasi, filterisasi yang dirancang dapat menanggulangi masalah bias error. Pengaruh konstanta proporsional pada sistem mempengaruhi berubahan nilai waktu tunggu (td), waktu naik (tr), waktu puncak (tp), dan maksimum overshoot. Dari data yang didapat bahwa, pengaruh perubahan konstanta P tidak sesuai dengan sifat-sifat dari kontroler P. Hal ini disebabkan oleh waktu satu siklus program tidak real time sehingga aksi kontrolterlambat untuk menanggulangi error. flying robot, Proporsional, accelerometer, gyroscope, mikrokontroler, Multicopter, quadcopter, Inertial Measurement Unit

Subjek

COMPUTER ENGINEERING
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI SISTEM KENDALI PROPORSIONAL PADA QUADCOPTER BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA128
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RUDY ABMI ANSYARI P.
Perorangan
Agus Virgono,Ir,MT.; Basuki Rahmat,Ir,MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini